Pemberian Bantuan di Tengah Pandemi COVID-19 Harus Berbasis Data

Pemberian Bantuan di Tengah Pandemi COVID-19 Harus Berbasis Data
Bantuan dari Asian Agri, PT. Toba Pulp Lestari (TPL) dan Bank Sumut, di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumut, Pendopo Rumah Dinas Gubernur Nomor 41. (Analisadaly/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Seluruh kelompok masyarakat ataupun pribadi yang melaksanakan kegiatan sosial dalam memberikan bantuan kepada masyarakat selama pandemi COVID-19, diharapkan dapat dilakukan dengan berbasis data, sehingga penyalurannya lebih efektif dan tepat sasaran.

Hal itu dikatakan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah atau akrab disapa Ijeck, saat menerima bantuan dari Asian Agri, PT. Toba Pulp Lestari (TPL) dan Bank Sumut, di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumut, Pendopo Rumah Dinas Gubernur Nomor 41.

Menurutnya, pendataan penyaluran bantuan dapat dilakukan bersama dengan pihak pejabat pemerintah, baik tingkat lingkungan kecamatan atau desa.

"Supaya datanya tidak salah dan penyalurannya sebaiknya tidak mengumpulkan wargadi satu tempat. Kalau bisa diantar langsung ke rumah, sebagai upaya menghindari kerumunan massa," kata Ijeck, Rabu (29/4).

Ijeck juga kembali mengimbau masyarakat untuk tetap beradadi rumah ataupun menjaga jarak, tidak berkumpul di tempat-tempat keramaian dan tidak keluar rumah dalam kegiatan hal-hal yang tidak penting.

"Karena COVID-19 belum selesai dan bahkan penyebaran ataupun pasien yang terkena dampak bisa lebih menyebar lagi," ujarnya.

Wagub Sumut juga mengapresiasi dan memberikan dukungan terhadap perusahaan-perusahaan swasta yang selama ini telah peduli dan membantu pemerintah dalam percepatan penanganan COVID-19.

Adapun bantuan yang diterima Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumut, yakni dari Asian Agri yang berkolaborasi dengan Tanoto Foundation menyerahkan bantuan berupa sarung tanganmedis 10.000 pcs,masker medis (N95) 100 pcs, maskermedis 10.000 pcs,kacamata medis 50 pcs, protectivegown500 pcs.

Sementara PT TPL memberikan bantuan masker medis 1.000 unit,pakaian pelindung 500 unit dan sarung tangan karet, 5.000 unit. Bank Sumutmenyerahkan bantuan bahan pokok sebanyak 1.000 paket, terdiri dari beras 5 kg, gula pasir 1 kg, minyakgoreng dan mi instan 3 Bungkus.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi