Insiden Penutupan Warung Tuak, Semua Pihak Diminta Menahan Diri

Insiden Penutupan Warung Tuak, Semua Pihak Diminta Menahan Diri
RE Nainggolan (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Batang Kuis - Sejak dahulu Sumatera Utara selalu menjadi model kerukunan dan harmoni dalam keberagaman.

Banyak pihak bahkan menyebut Sumatera Utara merupakan miniatur nusantara karena dihuni oleh orang dari berbagai latar belakang.

"Karena itu kita sangat kaget mendengar berita tentang insiden penutupan warung Bu Lamria Manullang di Batang Kuis. Itu bukan wajah Sumut yang kita kenal. Setahu saya tidak pernah ada hal semacam itu sebelumnya. Kita senantiasa hidup dalam kebersamaan, saling pengertian, menyatu dalam perbedaan," kata mantan Sekda Provinsi Sumatera Utara, RE Nainggolan, Jumat (1/5).

Menurutnya dalam beberapa waktu belakangan secara nasional memang ada kecenderungan meningkatnya sentimen dan gesekan berbau SARA, terutama yang merupakan efek samping dari dinamika politik.

"Akan tetapi di tengah kecenderungan seperti itu, Sumut senantiasa hadir sebagai oasis dengan keteduhan, kerukunan dan kebersamaan dalam kebhinekaan. Kita jangan mau terpengaruh oleh apa yang terjadi di luar. Wajah Sumut yang sejuk harus kita pertahankan sampai kapanpun," ucap RE Nainggolan.

Mantan Bupati Tapanuli Utara itu juga meminta semua pihak agar menempatkan hukum sebagai panduan.

"Semua pihak harus taat hukum. Kita selaku masyarakat boleh melakukan pendekatan-pendekatan, tetapi tidak boleh mengambil tindakan. Itu ranahnya para penegak hukum," terangnya.

Tokoh yang masih aktif dalam kegiatan sosial dan kemasyarakatan ini menyatakan keyakinannya bahwa pemerintah dan aparat penegak hukum bisa menangani persoalan ini dengan baik dan benar.

"Masing-masing pihak harus menahan diri. Kita kedepankan komunikasi, saling menghargai, menjaga Sumut sebagai rumah kita bersama tetap kondusif, menjadi inspirasi bagaimana indahnya hidup dalam kebersamaan. Apalagi dalam suasana menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan," ujarnya.

RE Nainggolan menambahkan bahwa saat ini kita dihadapkan dengan suasana yang sangat sulit akibat virus corona (Covid-19) yang memberi dampak kepada semua aspek kehidupan masyarakat.

"Oleh karena itu pemerintah dan masyarakat semua sungguh-sungguh fokus untuk menghadapi masalah ini. Janganlah kita memperkeruh suasana dengan melakukan tindakan-tindakan yang dapat menambah kerumitan permasalahan yang kita hadapi saat ini," tandas RE Nainggolan.

(JW/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi