Virus Corona Diperkirakan Sudah Menyebar Oktober 2019

Virus Corona Diperkirakan Sudah Menyebar Oktober 2019
Ilustrasi (Asia One/Unsplash)

Analisadaily.com, London – Penelitian terbaru menyebutkan, pandemi virus Corona mungkin telah menyebar sejak Oktober 2019. Patogen yang secara resmi dikenal sebagai SARS-CoV-2, diperkirakan telah melakukan lompatan dari inang ke manusia antara 6 Oktober dan 11 Desember tahun lalu.

Perkiraan ini tertuang dalam sebuah artikel yang dirilis pada Selasa (5/5), dan akan diterbitkan dalam waktu dekat di edisi jurnal ilmiah Infection, Genetics and Evolution.

Temuan ini didasarkan pada analisis lebih dari 7.000 kumpulan urutan genom yang dikumpulkan dari seluruh dunia sejak Januari 2020.

Dengan meneliti evolusi mutasi, para peneliti dari University College London dan University of Reunion Island dapat memundurkan jam molekuler mereka ke titik awal yang sama.

Mereka juga dapat mengidentifikasi mutasi utama pada Coronavirus, yang terus berkembang sejak melakukan lompatan ke manusia.

Sementara penelitian retrospektif telah menyarankan berbagai tanggal untuk pasien COVID-19 pertama, data pemerintah yang dilihat oleh South China Morning Post menempatkan infeksi pertama yang dikonfirmasi pada 17 November 2019.

Berdasarkan informasi dari seluruh urutan genom pertama dari Coronavirus, yang diterbitkan laboratorium di Shanghai pada Januari dan analisis genom lainnya, para ilmuwan sebelumnya menyimpulkan, SARS-CoV-2 kemungkinan besar berasal dari kelelawar dan melakukan lompatan ke manusia melalui seekor hewan antara bulan November.

Tetapi pada saat studi terbaru dilakukan, akhir bulan lalu, para peneliti memiliki akses ke lebih banyak informasi melalui platform berbagi data. Mereka memilih 7.710 majelis, mengumpulkan set data 7.666 dan kemudian menganalisis munculnya keragaman genomik dari waktu ke waktu.

Sementara ada variasi dalam tahap mutasi dan evolusi dari virus yang mereka pelajari, tim tersebut dapat menentukan nenek moyang mereka yang paling mutakhir (MRCA), yang pada gilirannya memberi mereka perkiraan baru mereka untuk memulai krisis kesehatan global.

"Tanggal-tanggal untuk memulai epidemi ini dalam perjanjian luas dengan perkiraan sebelumnya yang dilakukan pada himpunan bagian yang lebih kecil dari data genom COVID-19 menggunakan berbagai metode komputasi, meskipun mereka harus tetap diambil dengan hati-hati," kata studi tersebut dilansir dari Asia One, Kamis (7/5).

Di sebagian besar negara, termasuk Inggris, Amerika Serikat dan Irlandia, keanekaragaman genetik sampel pada dasarnya mencerminkan keragaman global, menunjukkan epidemi lokal berasal dari pengenalan independen virus. Namun, Cina, tempat wabah pertama kali dilaporkan, adalah pengecualian utama untuk pola ini, di mana hanya sebagian kecil dari keragaman global dapat ditemukan.

"Keragaman genom dari populasi global SARS-CoV-2 yang direkapitulasi di beberapa negara menunjuk pada penularan Covid-19 yang luas di seluruh dunia, kemungkinan sejak awal pandemi," kata penelitian tersebut.

Para penulis juga mengamati, 198 situs dalam genom virus tampaknya telah mengalami mutasi independen yang berulang, lebih dari 80 persen di antaranya telah menghasilkan perubahan pada tingkat protein.

Secara khusus, mutasi empat posisi secara independen terulang lebih dari 15 kali, yang menunjukkan virus itu mungkin membuat adaptasinya ke manusia.

Ketika perdebatan tentang asal usul virus berlanjut, ada semakin banyak bukti yang menunjukkan, bahwa pandemi ini mungkin telah dimulai lebih awal dari yang diperkirakan sebelumnya.

Sebuah penelitian di Perancis baru-baru ini menemukan, bahwa seorang pasien Eropa terinfeksi virus Corona pada akhir Desember, hampir sebulan sebelum sebelumnya diperkirakan telah tiba di benua itu.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi