Penyaluran BLT di Serdang Bedagai Molor Usai Lebaran

Penyaluran BLT di Serdang Bedagai Molor Usai Lebaran
Kadis PMD Kabupaten Sergai Ikhsan AP saar memberikan keterangan, Selasa (19). (Analisadaily/Muhammad Zulfadly)

Analisadaily.com, Serdang Bedagai - Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) hingga kini belum berjalan seratus persen di Kabupaten Serdang Bedagai.

Sejauh ini baru 10 Desa yang telah menerima transfer Dana Desa tahap pertama dari pihak Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tebing Tinggi, dan baru akan menyalurkan BLT DD besok, Rabu (20/5), sedangkan 227 lagi masih menunggu proses tersebut.

Padahal, penyaluran BLT Dana Desa sesuai dengan Permendesa Nomor 6 Tahun 2020 berlangsung selama 3 bulan, dimulai dari April hingga Juni, sementara saat ini sudah memasuki akhir Mei 2020.

Lambannya pencairan Dana Desa itu menghambat proses penyaluran BLT bagi masyarakat yang terdampak COVID-19, sehingga diprediksi proses penyaluran tersebut akan berlangsung di penghujung Mei 2020, atau berdekatan dengan masuknya waktu cuti bersama, bahkan bisa jadi usai lebaran Idul Fitri 1441 H.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sergai, Ikhsan AP, Selasa (19/05) mengatakan, pencairan ini tergantung kemampuan Bank yang mempersiapkan uang dengan jumlah yang banyak lebih kurang 25 milyar.

"Yang jadi pertanyaan kita, apakah pihak Bank mempunyai uang dengan nominal yang besar di dalam kasnya. jika pihak Bank bisa menyiapkan uang tersebut maka tanggal 24 Mei nanti sudah bisa disalurkan semua. Kita menunggu dana yang disalurkan dari rekening kas negara ke rekening kas desa di tanggal 20 Mei 2020", kata Ikhsan.

"Kalau besok sudah masuk dari KPPN, maka BLT sudah bisa disalurkan oleh Desa, tapi kalo besok belum masuk, maka mau tidak mau ya harus habis lebaran, sebab hari Kamis sudah cuti bersama, dan waktu yang dibutuhkan untuk menarik uang di Bank juga butuh waktu, sehari sebelumnya mesti dikonfirmasi dulu, baru bisa ditarik,” sambungnya.

Ketua DPRD Sergai, dr. M. Riski Ramadhan saat dikonfirmasi usai rapat Gugus Tugas, Jumat (15/5) mengatakan, proses penyaluran BLT DD kemungkinan akan dijadwalkan pada 27 hingga 29 Mei mendatang.

“Hal itu sesuai dengan hasil pembahasan rapat Gugus Tugas dengan Forkopimda Sergai soal Bantuan Masyarakat terdampak COVID-19. Untuk penyaluran BLT DD akan disalurkan tanggal 27,28 dan 29 Mei 2020,” kata Riski.

Riski menjelaskan, penyaluran BLT DD usai Idul Fitri tersebut, lantaran memang banyak proses yang dilalui dalam hal pencairannya.

"Ya usai Idul Fitri, karena ada proses nya,” ujarnya.

Sedangkan, Instruksi Menteri Desa Nomor 1 Tahun 2020 menerangkan jelas bahwa BLT DD harus disalurkan sebelum tanggal 24 Mei 2020.

Instruksi itu sendiri menerangkan bahwa Kepala Desa dapat menyalurkan BLT DD dengan segera tanpa harus ada pengesahan dari Bupati/Walikota jika penyerahan dokumen penerima manfaat sudah melebihi 5 hari kerja.

(MZ/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi