Tidak Pakai Masker Dilarang Masuk Pasar

Tidak Pakai Masker Dilarang Masuk Pasar
Plt Wali Kota Medan, Akhyar Nasution (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, minta kepada seluruh pengelola pasar, baik yang dikelola Perusahaan Daerah (PD) Pasar maupun swasta untuk lebih keras lagi mengingatkan para pedagang maupun pembeli untuk selalu memakai masker saat berada di pasar.

“Apabila tidak menggunakan masker, para pedagang dan pembeli dilarang memasuki pasar untuk melakukan transaksi jual beli,” tegas Akhyar, Rabu (20/5).

Penegasan itu disampaikan Akhyar ketika meninjau Pasar Pendidikan di Jalan Pasar III, Kelurahan Glugur Darat I, Kecamatan Medan Timur. Selain mengecek kondisi pasar, Akhyar didampingi Camat Medan Timur, Oddie Batubara, bersama Ketua Purna Paskibraka Indonesia Sumut, Mayor Sus Hendra R Nasution, beserta sejumlah pengurus dan anggota membagikan masker kepada para pedagang dan pembeli yang masih belum memiliki kesadaran penuh memakai masker.

Guna mendukung efektifitas penggunaan masker, Akhyar meminta kepada seluruh sekuriti pasar untuk melakukan pengawasan secara ketat. Langkah ini dilakukan guna mengantisipasi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Medan.

“Kita harus terus berjuang untuk itu, sebab pasar diindikasikan sebagai salah satu tempat potensi penyebaran virus Corona. Jadi saya minta seluruh pengelola pasar, baik tradisionil maupun modern harus menerapkan protokol kesehatan, salah satunya penggunaan masker,” paparnya.

Diakui Akhyar, aparat yang dimiliki Pemko Medan terbatas sehingga tidak bisa setiap saat mengawasi pemakaian masker. Menyikapi hal itu, Akhyar pun mengharapkan kesadaran masyarakat untuk senantiasa memakain maskaer, terutama saat melakukan aktifitas di luar rumah.

"Mari kita selamatkan diri, keluarga kita dan saudara-saudara kita yang lain dari penularan virus Corona dengan mengenakan selalu masker ketika berada di luar rumah," imbaunya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi