2 Lagi Warga Asahan Positif Covid-19, Seorang Diantaranya Tenaga Kesehatan

2 Lagi Warga Asahan Positif Covid-19, Seorang Diantaranya Tenaga Kesehatan
Petugas melakukan tes diagnostik cepat COVID-19 terhadap pedagang di Pasar Babadan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (4/6/2020). (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Analisadaily.com, Kisaran - Dua lagi warga Kabupaten Asahan dinyatakan positif Covid-19 setelah mengikuti tes PCR secara mandiri.

Kedua pasien yang dinyatakan positif masing-masing berinisial LU (29) seorang perempuan yang tinggal di Jalan Setya Bakti, Kecamatan Kota Kisaran Barat, dan AN (65), seorang pria yang tinggal di Jalan Dr Rivai, Kecamatan Kisaran Barat.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan, Rahmat Hidayat Siregar menjelaskan, pasien LU adalah seorang yang melakukan kontak langsung dengan rekan kerjanya di salah satu bank di Kota Kisaran yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19.

“Dari hasil pemeriksaan rapid test, yang bersangkutan sebenarnya non reaktif, akan tetapi pasien tersebut tetap ingin melakukan pemeriksaan lanjutan secara mandiri dengan metode PCR dan hasilnya positif,” kata Rahmat, Kamis (2/7).

Begitu juga dengan pasien berinisial AN, yang tercatat sebagai tenaga kesehatan juga melakukan tes PCR secara nandiri di RS Columbia Medan, dan dari hasilnya positif Covid-19.

Menindaklanjuti informasi di atas, untuk memutus mata rantai penularan, Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan kerja sama Puskesmas segera melakukan tracing, dan akan dilakukan pemeriksaan darah terhadap orang yang melakukan kontak.

Rahmat kembali mengimbau kepada masyarakat untuk tetap memegang teguh protokol penanganan Covid-19 dengan tetap memakai masker, hindari keramaian, cuci tangan pakai sabun, dan sering olahaga serta tetap jaga kesehatan.

“Untuk data Covid-19 di Asahan, PDP 4 orang, positif 17 orang dengan pembagian 8 orang masih dirawat, 6 orang sembuh, dan 3 orang meninggal dunia,” tandasnya.

(ALN/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi