Legenda Sepakbola Inggris, Jack Charlton Tutup Usia

Legenda Sepakbola Inggris, Jack Charlton Tutup Usia
Jack Charlton (depan) merayakan keberhasilan bersama rekan setimnya di Inggris saat memenangkan Piala Dunia 1966. (The Guardian/PA)

Analisadaily.com, Inggris - Jack Charlton, salah satu pemain yang sukses membawa Inggris memenangkan trofi Piala Dunia bersa meninggal dunia pada usia 85 tahun.

Charlton kakak laki-laki Bobby Charlton, bermain 35 kali untuk Inggris sebagai bek tengah, termasuk semua enam pertandingan di Piala Dunia 1966.

Dia menghabiskan seluruh karir bermainnya di Leeds United, dengan memenangkan beberapa penghargaan besar, termasuk gelar Divisi Pertama pada tahun 1969, Piala FA pada tahun 1972 dan dua Piala Antar Kota.

Dilansir dari Guardian, Sabtu (11/7), setelah pensiun sebagai pemain, Charlton menjadi manajer yang sukses. Dia mulai dengan Middlesbrough, memimpin mereka untuk promosi ke divisi teratas sebagai juara pada tahun 1974.

Lalu pada tahun 1980 memimpin Sheffield Wednesday ke tingkat kedua. Dia juga memiliki musim bersama Newcastle tetapi bisa dibilang paling diingat sebagai manajer untuk pekerjaannya dengan Republik Irlandia.

Charlton membawa tim ke final utama pertama mereka dengan lolos ke Euro 1988 dan mengikutinya dengan mencapai Piala Dunia 1990 dan 1994.

Irlandia sampai ke perempat final pada tahun 1990 sebelum kalah dari Italia, yang mereka kirim ke kekalahan mengejutkan empat tahun kemudian.

Charlton dianugerahi kebebasan kota Dublin pada tahun 1994 sebagai pengakuan atas pekerjaannya dan mundur sebagai manajer setelah timnya kalah play-off untuk mencapai putaran final Euro 1996. Dia berusia 60 tahun pada saat itu dan pensiun.

Charlton memiliki hubungan yang tegang dengan saudaranya, Bobby. Topi Inggris terakhirnya datang di Piala Dunia 1970 tetapi ia terus bermain sampai 1973 untuk Leeds, untuk siapa ia membuat 772 penampilan.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi