BMKG: Belum Ada Gempa Susulan di Nias Selatan

BMKG: Belum Ada Gempa Susulan di Nias Selatan
Ilustrasi (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Teluk Dalam - Gempa bumi tektonik dengan kekuatan M=5,0 yang mengguncang Timur Laut Nias Selatan, Sumatera Utara, pada kedalaman 51 km tidak menyebabkan Tsunami. Hingga saat ini BMKG menunjukkan adanya gempa susulan.

"Hingga pukul 08.30 WIB hasil monitoring BMKG belum menunjukan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock)," kata Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, Senin (27/7).

Sementara hasil analisis BMKG menunjukan gempa bumi ini memiliki parameter update M=4,9. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,60 LU dan 98,61 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 88 km arah Timur Laut Nias Selatan.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," jelas Rahmat.

Guncangan gempa bumi ini juga dirasakan di daerah Aek Godang II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi Tsunami," terang Rahmat.

BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," imbau Rahmat.

(JW/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi