Ribuan Umat Islam Ikuti Salat Iduladha

Ribuan Umat Islam Ikuti Salat Iduladha
Ummat Islam mengikuti Salat sunnat Iduladha 1441 H di lapangan Masjid Agung Al Abror Kota Padangsidimpuan, Jumat (31/7). (Analisadaily/Hairul Iman Hasibuan)

Analisadaily.com, Padangsidimpuan - Ribuan ummat Islam mengikuti Salat sunnat Iduladha 1441 H di lapangan Masjid Agung Al Abror Kota Padangsidimpuan, Jumat (31/7).

Imam Besar Masjid Agung Al Abror, Al Ustad Asrul Dhalimunte, bertindak sebagai imam dan khutbah oleh Rektor IAIN P. Sidimpuan Prof DR Ibrahim Siregar.

Dalam khutbahnya Prof Ibrahim mengajak, ribuan jamaah untuk memetik pelajaran dari pengorbanan dua Nabi Allah SWT yaitu Ibrahim dan Ismail.

Menurut dia, ada beberapa makna yang dipetik dalam peristiwa Qurban yang dikisahkan dalam Al Quran yaitu, Nabi Ibrahim As adalah seorang yang sangat demokratis.

Ummat Islam mengikuti Salat sunnat Iduladha 1441 H di lapangan Masjid Agung Al Abror Kota Padangsidimpuan, Jumat (31/7).
“Ini terlihat bagaimana Ibrahim berdialog dulu dengan anaknya, sebelum melaksanakan perintah Allah untuk menyembelih Ismail,” katanya.

Selanjutnya, ada nilai pengorbanan, ujian kepemimpinan, doa agar keturunannya menjadi pemimpin-pemimpin yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

"Ini terbukti, anak dan keturunan Nabi Ibrahim As banyak yang menjadi Nabi atau pemimpin Ummat Islam termasuk Nabi Besar Muhammad SAW," ujarnya.

Selain itu kata Ibrahim, ada dua hal lain yang terkandung dalam peristiwa tersebut yaitu Tauhid serta permohonan agar keturunannya menjadi pemimpin yang Intelektual.

"Nilai pesan kisah Ibrahim As ini, tetap aktual hingga saat ini," terangnya.

(HIH/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi