Junjung Tinggi Adab dan Kearifan Lokal

Junjung Tinggi Adab dan Kearifan Lokal
Panitia dari Parsadaan Putra/i Perantau Aloban di seluruh Indonesia bersama warga desa Aloban memotong lembu pada hari Raya Iduladha 1441. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Portibi - Parsadaan Putra/i Perantau Aloban di seluruh Indonesia bersama warga desa Aloban melaksanakan penyembelihan hewan kurban sebelas ekor lembu pada hari Raya Iduladha 1441.

Meski dalam suasana pandemi Covid -19 tidak mengurangi rasa persaudaraan dan persatuan warga Aloban yang tergabung di Forum Peduli Bonapasigot Aloban dari seluruh Indonesia untuk berbagi kepada sesama.

Hal ini dibuktikan dengan menyembelih hewan sebelas ekor lembu untuk dibagikan kepada warga pada hari Raya Idul Adha kedua/11 Julhijjah 1441 H, Sabtu (1/8), sekaligus tausyah agama dan acara makan siang bersama dengan suguhan dan memakan daun pisang.

Ketua panitia, Raja Doli Harahap menyampaikan, pelaksanaan kurban ini sebagai wujud rasa syukur para perantau Aloban, di tengah pandemi covid-19 ini masih banyak berkurban di bonapasogit.

“Pelaksanaan di tahun ini Alhamdulillah berjalan sukses dan mendapat dukungan dari para perantau berhimpun dari berbagai daerah dan warga Aloban. Alhamdulillah ada sebelas ekor lembu yang kita sembelih. Dan berharap di tahun depan lebih meningkat lagi," kata Raja Doli, Minggu (2/8).

Raja menambahkan, daging kurban tersebut dibagikan kepada seluruh warga sekitar Aloban. Selain berdimensi ibadah, juga bermakna sosial, karena daging kurban di bagikan ke masyarakat.

"Daging kurban yang kita bagikan wujud kepekaan dan kepedulian kepada sesama, terlebih ditengah cobaan pandemi Covid 19 yang belum berakhir," tukasnya.

Pihaknya juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh para perantau Aloban yang telah mensukseskan kegiatan pulang kampung dan kurban bersama di Bonapasogit Aloban.

“Kami memohon maaf apabila ada kekurangan dalam pelaksanaan penyembelihan serta penyalurah hewan kurban. Dengan antusiasnya perantau dan warga mudah mudahan kedepan pelaksanaannya bisa lebih ditingkatkan. Intinya kita berterimaksih kepada seluruh pihak yang sudah memberikan sumbangsih yang terbaik dalam pelaksanaan ibadah kurban pada tahun ini di Bonapasogit Aloban," pungkasnya.

Tokoh Pemuda Muhammad Arif Harahap, menaruh harapannya kedepan semakin besar organisasi perantau Aloban ini dan mendapatkan nama di kancah nasional.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Kapolsek Kecamatan Na X lX, AKP Maralidang Harahap yang juga putra Aloban serta para perantau dari berbagai profesi dan berbagai latar belakang mewarnai pelaksanaan ibadah kurban tahun ini di Bonapasogit Aloban.

(ONG/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi