Usai Olahraga Disarankan Mandi dengan Air Dingin

Usai Olahraga Disarankan Mandi dengan Air Dingin
Ilustrasi (Pixabay)

Analisadaily.com, Jakarta – Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, olahraga semakin digemari oleh masyarakat. Sebab, olahraga dipercaya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Aktivitas mandi biasanya salah satu pilihan yang selalu dilakukan setelah olahraga. Mandi dengan air dingin lebih disarankan untuk dilakukan setelah berolahraga.

Dilansir dari CNNIndonesia, Minggu (16/8), instruktur olahraga, Emma Obayuvana mengatakan, mandi dengan air dingin setelah berolahraga bertujuan untuk memulihkan tubuh.

Mandi dengan air dingin juga dipercaya membantu mengurangi otot yang bengkang. Prinsip ini mirip dengan mengaplikasikan kompres es batu.

"Mandi dengan air dingin mengurangi inflamasi pada otot, bengkak dan rasa sakit," kata Emma mengutip Stylist.

Disebutkan Obayuvana, studi juga menyebut bahwa mandi air dingin dapat memicu pelepasan neurotransmitter yang bisa meningkatkan suasana hati.

"Dengan mandi air dingin, Anda bisa lebih berenergi dan tetap waspada dengan suasana hati yang lebih baik," sebutnya.

Kerry Dixon, instruktur olahraga lainnya, menjelaskan, hal ini tak terlepas dari fakta bahwa air dingin mampu mempersempit pembuluh darah.

"Saat pembuluh darah menyempit, ada penurunan aktivitas metabolisme yang mengurangi pembengkakan dan kerusakan jaringan," ujarnya.

Diterangkan Kerry, setelah mandi dengan air dingin tubuh akan menghangat kembali, darah mengalir kembali ke otot yang terdampak.

"Ini membantu membuang produk sampingan yang tidak diinginkan seperti asam laktat dengan lebih efisien," jelasnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi