Kunjungi Posyandu Desa Mandasip, Ketua PKK Paluta Ingatkan Bahaya Stunting

Kunjungi Posyandu Desa Mandasip, Ketua PKK Paluta Ingatkan Bahaya Stunting
Ketua PKK Paluta ketika mengunjungi Posyandu di Desa Mandasip, Kecamatan Simangambat (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Simangambat - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Ade Aan Rostiani Andar Amin Harahap, didampingi Wakil Ketua, Masdoripa Hariro Harahap, mengunjungi Posyandu di Desa Mandasip, Kecamatan Simangambat, dalam rangka bulan pemberian vitamin A bagi balita.

Dalam kesempatan itu Ade Aan menjelaskan tentang bahaya stunting kepada para kader maupun ibu hamil yang datang ke Posyandu.

Menurutnya, stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada balita akibat kekurangan gizi kronis terutama pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

Penurunan stunting perlu dilakukan sedini mungkin untuk menghindari dampak jangka panjang yang merugikan seperti terhambatnya tumbuh kembang anak.

"Stunting mempengaruhi perkembangan otak sehingga tingkat kecerdasan anak tidak maksimal. Stunting juga membuat si anak rentan terhadap penyakit," kata Ade, Selasa (1/9).

Menurutnya upaya pencegahan dan penanggulangan stunting perlu menyasar penyebab langsung maupun tidak langsung melalui pendekatan menyeluruh yang mencakup ketersediaan asupan gizi bagi ibu dan balita.

Dia mengajak seluruh pihak berkomitmen dalam menurunkan stunting di Kabupaten Paluta, khususnya Desa Mandasip.

"Bersama kita lakukan perbaikan dari seluruh sisi, penuntasan stunting melalui program strategi yang terintegrasi demi terwujudnya visi misi Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara yang Beriman, Cerdas, Maju dan Beradab," tukasnya.

Usai pemberian vitamin A kepada balita, Ketua TP PKK Paluta bersama rombongan juga memberikan biskuit asupan sebagai makanan tambahan balita serta memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga kebutuhan gizi keluarga untuk mencegah dan menekan jumlah bayi lahir stunting.

(ONG/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi