Penyelenggara Olimpiade Minta Anggota Staf Dikurangi

Penyelenggara Olimpiade Minta Anggota Staf Dikurangi
Para pekerja bersiap untuk membawa cincin Olimpiade raksasa, yang sementara dipindahkan untuk pemeliharaan, di daerah tepi laut di Taman Laut Odaiba di Tokyo, Jepang, 6 Agustus 2020. (Reuters/Kim Kyung-hoon)

Analisadaily.com, Jepang - Penyelenggara Olimpiade Tokyo mengusulkan pengurangan jumlah anggota staf di Olimpiade Musim Panas 2021 dan memperpendek periode pembukaan tempat pelatihan, sebagai bagian dari rencana untuk mengadakan acara yang efisien di tengah pandemi.

Olimpiade, yang semula dijadwalkan dimulai musim panas ini, ditunda selama setahun oleh Komite Olimpiade Internasional dan pemerintah Jepang karena virus Corona baru.

Sejak itu, penyelenggara dan pejabat pemerintah mencari cara untuk memangkas biaya, menyederhanakan Olimpiade, dan melindungi para atlet dan penonton.

Namun, masih ada keraguan tentang kelayakan mengadakan acara global berskala besar karena pandemi terus berkecamuk.

Perdana Menteri Jepang, Yoshihide Suga, melihat pariwisata sebagai kunci untuk menghidupkan kembali ekonomi yang rusak parah dan mengatakan dia ingin mengadakan Olimpiade tahun depan.

"Kami sudah bertekad untuk melakukan ini tahun depan apa pun yang terjadi," kata Presiden Tokyo 2020, Yoshiro Mori dalam konferensi pers menyusul pertemuan online dua hari dengan pejabat Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Mori, yang juga mantan perdana menteri, mengatakan dia telah bertemu dengan Suga yang mengatakan menyukseskan Olimpiade adalah prioritas utama pemerintah.

Mori mengatakan jumlah pejabat, staf, dan orang lain yang terkait dengan Olimpiade dapat dikurangi 10 persen menjadi 15 persen. Operasi pusat pers utama dapat dikurangi delapan hari, dan upacara penyambutan bagi para atlet juga dibatalkan.

Penyelenggara Tokyo juga menyarankan periode pembukaan yang lebih singkat untuk tempat pelatihan dan mengurangi staf untuk estafet obor.

“Namun, tidak ada rencana untuk memangkas jumlah atlet yang berpartisipasi. Tidak akan ada perubahan jumlah hari untuk estafet obor, rute estafet atau jumlah pelari estafet. Jumlah penonton belum dibahas,” kata CEO Tokyo 2020, Toshiro Muto.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi