Budaya Jawa di Simalungun Akan Dilestarikan

Budaya Jawa di Simalungun Akan Dilestarikan
Forum komunikasi warga Jawa foto bersama dengan Zonny Waldi. (Analisadaily/Fransius Simanjuntak)

Analisadaily.com, Simalungun - Calon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga dan Zonny Waldi berkomitmen mewujudkan kesejahteraan bagi rakyat. Dalam 10 tahun terakhir, konsep pembangunan yang diterapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun dinilai belum mampu membuat masyarakat sejahtera.

Zonny Waldi memastikan komitmennya bersama Radiapoh untuk membawa perubahan, termasuk membuat rakyatnya sejahtera. Rencana tersebut akan menyentuh seluruh lapisan masyarakat, termasuk masyarakat Jawa yang ada di Simalungun.

Komitmen tersebut disampaikan Zonny saat bersilaturahmi dengan Forum Komunikasi Warga Jawa (FKWJ) di kediaman Ketua FKWJ, Natidjan Thoha, di Nagori Parbalogan, Tanah Jawa.

“Semua masyarakat Simalungun harus sejahtera, termasuk masyarakat Jawa yang tinggal dan menetap di Simalungun,” kata Zonny, Rabu (21/10).

Zonny mengatakan, pencalonannya bersama Radiapoh telah menyiapkan program khusus untuk meningkatkan dan memajukan sektor perekonomian warga. Pasangan nomor urut satu itu menggagas ide Simalungun Kerja (Si Kerja).

Dalam program tersebut, ada beberapa sektor yang akan disasar, seperti mengurangi angka pengangguran, penciptaan lapangan pekerjaan baru, termasuk menumbuhkan sentra-sentra ekonomi kreatif baru di setiap kecamatan.

“Bersama Pak Radiapoh, kami berkomitmen untuk memajukan ekonomi warga dengan beragam skema bantuan melalui program Si Kerja,” jelas mantan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatera Utara (Sumut) itu.

Selain sektor ekonomi, pasangan RHS-ZW juga berkomitmen untuk melestarikan budaya Simalungun yang belakangan mulai kehilangan tempat. Hal serupa juga akan dilakukan Radiapoh dan Zonny untuk melestarikan budaya Jawa yang ada di Simalungun.

“Beragam kebudayaan dan tradisi yang ada di Simalungun, termasuk budaya Jawa di dalamnya, harus terus dilestarikan. Ini adalah salah satu kelebihan Simalungun. Jadi, setiap kelebihan ini harus benar-benar dimanfaatkan untuk kesejahteraan rakyat Simalungun,” tandas Zonny.

(FHS/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi