Seratusan ASN Pemkab Palas Tes Urin Secara Mendadak

Seratusan ASN Pemkab Palas Tes Urin Secara Mendadak
Bupati Padang Lawas, Ali Sutan Harahap, memberikan arahan teehadap para ASN yang dilanjutkan dengan tes urine di Mapolres Palas Rabu (20/10). (Analisadaily/Atas Siregar)

Analisadadaily.com, Sibuhuan - Seratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Padang Lawas tes urin di Mapolres Padang Lawas, Rabu (20/10).

Tes berlangsung usai mengikuti sosialisasi Program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di aula Mapolres Palas.

Kegiatan tes dilakukan secara mendadak sebagai bagian dari pembinaan untuk mendeteksi penggunaan Narkoba di kalangan ASN Pemkab Padanglawas.

Bupati Padanglawas, H Ali Sutan Harahap (TSO) menyampaikan pihaknya memiliki komitmen yang kuat terhadap upaya melawan Narkoba.

"Jadi memang kita laksanakan secara mendadak. Harapannya adalah menjadi shock terapi, serta peringatan bagi pegawai di lingkungan Pemkab Padanglawas untuk tidak mencoba narkoba,” ujar Ali.

Katanya, pemerintah terus mengupayakan P4GN dalam upaya mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

“Sumber daya alam yang melimpah, tidak akan memberi manfaat jika sumber daya manusianya tidak terbebas dari Narkoba,” tegasnya.

Ia juga mengajak seluruh ASN dan pegawai honorer di lingkungan pemerintah Kabupaten Palas untuk bekerja keras dalam melawan bahaya Narkoba sampai tuntas.

Bupati meminta masalah Narkoba, merupakan masalah kompleks yang harus menjadi perhatian serius bersama dari semua pihak yang harus dilawan.

"Karena dampak Narkoba tidak hanya menyasar pada aspek kesehatan, namun juga keamanan, kenyamanan, aspek ekonomi hingga dapat mengancam kehidupan berbangsa dan bernegara," ujarnya.

Ali menambahkan, sosialisasi P4GN bertujuan untuk melindungi ASN, masyarakat dan generasi penerus bangsa dari penyalahgunaan Narkotika yang semakin meningkat.

Sehingga membahayakan perkembangan SDM dan mengancam kehidupan bangsa dan bernegara.

Menurut dia, jika ASN terlibat dalam lingkaran pengunaan Narkoba, bagaimanapun bentuknya tentu akan mempengaruhi terhadap kinerja dari pelaksanaan tugas di lingkungan pemerintah.

Dari sekitar 100 ASN yang menjalani pemeriksaan tes urine dari semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Padanglawas mulai dari pimpinan sampai staf ikut menjalani tes urine.

Kasat Narkoba Polres Palas, AKP Agus Manimbul Butarbutar menyatakan, kegiatan tes urin merupakan bentuk dukungan dalam upaya pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan Narkoba.

(ATS/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi