Tips Penempatan Aquarium yang Benar di Rumah Menurut Feng Shui

Tips Penempatan Aquarium yang Benar di Rumah Menurut Feng Shui
Ilustrasi (Pixabay)

Analisadaily.com, Jakarta - Penempatan aquarium yang benar di rumah –Aquarium merupakan salah satu elemen dekorasi yang dapat Anda manfaatkan untuk mempercantik interior rumah. Tidak hanya mempercantik, menurut beberapa ahli Feng Shui, penempatan aquarium di dalam rumah juga dapat membawa keberuntungan bagi pemilik rumah jika ditempatkan dengan benar.

Feng Shui sendiri merupakan sebuah ilmu topografi kuno yang berasal dari Tiongkok atau China. Pada zaman Dinasti Zhou, Feng Shui digunakan untuk menentukan medan serta sumber air yang tepat ketika hendak membangun sebuah tempat tinggal kekaisaran. Dalam ilmu Feng Shui, penempatan sebuah benda atau barang dipercaya dapat meningkatkan sebuah hubungan, kekayaan, maupun kesehatan. Semantara penempatan yang tidak sesuai dapat menyebabkan ketidakharmonisan. Berikut adalah penempatan aquarium yang benar di rumah menurut ahli Feng Shui.

Letakkan Aquarium di Tempat-Tempat Berikut:

Lokasi penempatan aquarium yang tepat dan ideal menurut Feng Shui adalah ruang tamu dan ruang keluarga. Ruang tamu dianggap sebagai bagian atau area penting dari rumah. Dalam ilmu Feng Shui, ruang tamu disarankan untuk ditempatkan di tengah-tengah rumah agar membawa keberuntungan dan kemakmuran. Penempatan tempat duduk ruang tamu juga sebaiknya tidak menghalangi pintu masuk. Hal tersebut dianggap dapat menghambat kelancaran arus positif. Sementara itu, sangat disarankan untuk menambahkan tanaman atau barang-barang dekoratif seperti aquarium di ruang tamu. Elemen dekoratif tersebut dikatakan dapat membantu meningkatkan aliran energi positif di dalam ruangan.

Selain ruang tamu, tampat atau ruang lain yang disarankan sebagai tempat untuk meletakkan akuarum adalah ruang keluarga, dan juga area kerja. Anda juga dapat meletakkan aquarium di ruang yang Anda anggap sebagai sektor keberuntungan.

Jangan Letakkan Aquarium di Tempat Ini!

Penempatan aquarium di kamar tidur kerap kali dilakukan. Alasannya, suara riuh air dari aquarium dianggap sebagai peredam stress terbaik. Akan tetapi, jika ditilik berdasarkan Feng Shui, penempatan aquarium di kamar tidur bukanlah hal yang tepat. Kamar tidur memiliki elemen Feng Shui api dan tanah, sedangkan aquarium memiliki elemen Feng Shui air. Penempatan aquarium di dalam kamar tidur dianggap dapat menenggelamkan elemen api dan tanah yang dibutuhkan oleh kamar. Selain kamar tidur, lokasi yang juga tidak disarankan untuk penempatan aquarium adalah dapur dan juga area makan.

Arah Aquarium Menurut Feng Shui

Selain lokasi penempatan, arah aquarium juga penting untuk Anda perhatikan. Menurut ahli Feng Shui, apabila Anda menginginkan chi pertumbuhan karir dan bisnis, maka letakkan aquarium di sektor utara. Pasalnya, utara dianggap sebagai letak air. Sementara itu, apabila Anda menginginkan pertumbuhan chi kesehatan, Anda dapat meletakkan aquarium di sektor timur. Sedangkan untuk pertumbuhan chi kekayaan, tempatkan aquarium di sektor tenggara. Kedua arah tersebut dianggap sebagai letak kayu, dimana air diceritakan akan menghidupi kayu.

Jumlah dan Jenis Ikan yang Baik Untuk Dipelihara

Feng Shui menganggap bahwa angka memiliki peranan penting. Dalam ilmu Feng Shui, angka memiliki simbolisme tertentu. Misalnya, angka 1 menunjukkan awal yang baru, 3 menunjukkan pertumbuhan, 6 menunjukkan keberuntungan, 8 menunjukkan materi atau kekayaan, sembilan menunjukkan umur panjang, serta kelipatan tiga dianggap membawa keuntungan tiga kali lipat.

Hal tersebut juga berlaku ketika Anda hendak memelihara ikan dalam aquarium. Umumnya, jumlah ideal untuk memelihara ikan di aquarium adalah 8 ekor ikan berwarna merah serta 1 ekor ikan berwarna hitam. Merah dianggap melambangkan energi Yang, sedangkan hitam dianggap melambangkan Yin yang dapat menyerap energi negatif. Sementara jenis ikan yang disarankan adalah ikan koki dan ikan arwana.

Jaga Kebersihan Aquarium

Menempatkan aquarium di dalam rumah saja tidak cukup. Anda juga perlu melakukan perawatan agar aquarium tetap terjaga kebersihannya. Dalam ilmu Feng Shui, aquarium yang kotor dianggap dapat menciptakan pertumbuhan chi yang negatif atau Shar Chi. Pertumbuhan chi negatif dipercaya dapat memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan, kebahagiaan, maupun kekayaan. Oleh sebab itu, pastikan Anda memasang filter pembersih pada aquarium untuk menjaga kebersihan aquarium. Selain itu, pastikan ikan-ikan di dalam aquarium terawat dengan baik agar dapat mengalirkan energi positif.

Manfaat Penempatan

Seperti yang sebelumnya sudah dibahas, penempatan aquarium di dalam rumah yang benar dapat memberikan berbagai manfaat misalnya, kesehatan, kekayaan, ataupun pengembangan bisnis dan karir. Manfaat tersebut bergantung dengan posisi penempatan aquarium yang Anda kehendaki. Selain itu, suara riuh air dari aquarium juga dipercaya dapat menciptakan suasana yang menenangkan layaknya sedang berada di alam dan dapat mengurangi atau meredam stress.

Demikianlah beberapa informasi mengenai penempatan aquarium yang benar di rumah menurut Feng Shui. Meskipun beberapa orang tidak percaya, namun banyak juga yang masih menerapkan ilmu topografi kuno yang berasal dari Tiongkok ini di dalam desain arsitektur atau interior rumah.

Untuk mendapatkan aquarium terbaik Anda bisa mengakses dan membelinya di Ruparupa.

Ruparupa menjadi platform e-commerce dan home living terbaik di Indonesia. Di sini Anda akan mendapatkan peralatan rumah tangga seperti kipas angin, ac, kursi dan aneka sofa, rak dan penyimpanan, dan masih banyak lagi lainnya. Anda bisa menemukan aksesoris untuk hobi dan gaya hidup Anda di sini. Kelebihan berbelanja di sini adalah akan banyak diskon dan juga penawaran spesial.

(Adv)

Baca Juga

Rekomendasi