Intip Tren Transaksi Belanja Online di Sumut

Intip Tren Transaksi Belanja Online di Sumut
Kepala Departemen Corporate Affairs, Ekhel Chandra Wijaya (Analisadaily/Jafar Wijaya)

Analisadaily.com, Medan - Inisiatif Hyperlocal terus digencarkan Tokopedia hingga ke seluruh Indonesia, termasuk wilayah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dan Kota Medan. Dengan mengusung teknologi geo-tagging yang dapat mendekatkan pembeli dengan penjual setempat agar UMKM di seluruh Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk bertumbuh tanpa harus berpindah ke kota besar agar mencapai pasar yang lebih luas.

“Kita memiliki berbagai contoh manifestasi dari inisiatif Hyplerlocal seperti Kumpulan Toko Pilihan (KTP), layanan pemenuhan pesanan (fulfillment) Dilayani Tokopedia, Waktu Indonesia Belanja dan masih banyak lagi kampanye atau program yang dapat dimanfaatkan oleh para pegiat lokal termasuk di Sumut,” kata Kepala Departemen Corporate Affairs, Ekhel Chandra Wijaya, Kamis (22/6).

Berkat berbagai inisiatif dan kampanye yang dihadirkan, tercatat berbagai tren menarik seputar belanja online masyarakat di Sumut, termasuk Medan dan sekitarnya pada periode Mei 2023 dibandingkan rata-rata periode Januari-April 2023, seperti peningkatan jumlah penjual naik hampir 2,5 kali lipat, dan peningkatan jumlah pembeli naik lebih dari 1,5 kali lipat.

Data internal mencatat kategori produk Rumah Tangga, Kesehatan, Makanan & Minuman, Fesyen dan Elektronik sebagai kategori produk paling laris di Sumut, termasuk Kota Medan dan sekitarnya, pada periode Januari hingga Mei 2023.

Selain itu, terdapat juga beberapa kota/kabupaten di Sumut dengan kenaikan transaksi, pembeli dan penjual tertinggi selama periode Mei 2023 dibandingkan Januari-April 2023, seperti peningkatan transaksi berasal dari Nias Selatan, Gunungsitoli, Toba Samosir, Padanglawas, Deliserdang. Peningkatan pembeli berasal dari Medan, Gunungsitoli, Batubara, Pakpak Bharat, Tanjungbalai, dan peningkatan penjual berasal dari Nias, Nias Utara, Nias Barat, Dairi, Medan.

Mengusung misi pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia, saat ini Tokopedia sudah menjangkau hampir 99% wilayah kecamatan di Indonesia, terbukti dengan adanya pengiriman terjauh yang dilakukan dari Kecamatan Medan Area (Kota Medan, Sumatra Utara) sampai ke Kecamatan Merauke (Kabupaten Merauke, Papua).

Juga menyuguhkan layanan gudang pintar Dilayani Tokopedia, di mana penjual dapat menitipkan produk di ‘gudang pintar’ pada wilayah dengan permintaan tinggi. Selain memberikan berbagai keuntungan bagi penjual, kehadiran layanan ini turut memungkinkan masyarakat mendapatkan beragam produk kebutuhan dengan lebih cepat dan ongkos kirim yang lebih terjangkau. Saat ini gudang pintar Dilayani Tokopedia tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Ekhel menambahkan, “Layanan gudang pintar sangat dimanfaatkan oleh penjual dan pembeli di wilayah Sumut (termasuk Medan dan sekitarnya), terbukti dengan adanya kenaikan transaksi dan penjual masing-masing hingga hampir 2,5 kali lipat pada periode Mei 2023 dibandingkan rata-rata Januari-April 2023.”

Permudah Masyarakat Penuhi Kebutuhan Produk Digital

Bersama dengan para mitra strategis, termasuk pemerintah provinsi dan pemerintah kota di setiap wilayah, termasuk di Sumut untuk mengembangkan pelayanan publik serta mendukung pemerintah dalam melakukan percepatan dan perluasan digitalisasi di daerah. Salah satu bentuk kerja sama adalah dengan adanya loket pembayaran pajak di Tokopedia untuk pembayaran E-samsat dan PBB.

Ekhel menjelaskan, “Untuk wilayah Provinsi Sumut sendiri kami melihat adanya kenaikan transaksi E-Samsat pada periode 2022 dibandingkan 2021 meningkat hampir 5 kali lipat, sedangkan untuk di Kota Medan dan sekitarnya ada kenaikan lebih dari 5,5 kali lipat. Kita juga melihat masyarakat di Sumut sudah memanfaatkan pembayaran pajak secara digital terlihat dari adanya kenaikan transaksi pembayaran PBB hampir 1,5 kali lipat pada periode tahun 2022 dibandingkan 2021,” tambah Ekhel.

Selain kemudahan transaksi E-Samsat dan PBB, masyarakat juga bisa membeli berbagai kebutuhan produk digital lainnya. Pada periode kuartal 1 2023 dibandingkan kuartal 1 2022, tercatat produk digital paling populer di Sumut, Medan dan sekitarnya adalah E-Samsat, Penerimaan Negara (Pajak Online, Bea Cukai dan SBN) serta Tiket Kereta Api.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi