Arus Balik via Bandara Kualanamu Capai 10.385 Penumpang

Arus Balik via Bandara Kualanamu Capai 10.385 Penumpang
Para penumpang saat melakukan check in di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang. (Analisadaily/Istimewa)

Anisadaily.com, Kualanamu - Puncak arus balik penumpang via Bandara Kualanamu pada hari Minggu (1/11) mencapai sekitar 10.385 orang.

“Melihat data yang kami terima dari maskapai, jumlah penumpang pada puncak arus balik hari ini di Bandara kualanamu 10.385 orang, yang merupakan jumlah penumpang tertinggi di tengah pandemi ini. Sementara itu, pergerakan pesawat kami mencapai 96 penerbangan,” kata Plt Manager Branch Communication & legal, Paulina Simbolon Senin (2/11).

“Kami berharap tren ini dapat terjaga, dan yang paling penting adalah agar Bandar Udara Internasional Kualanamu PT Angkasa Pura II dan seluruh stakeholder dapat dengan konsisten menerapkan protokol kesehatan melalui konsep Biosafety dan Biosecurity Management,” ujarnya.

Sehingga konektivitas udara tetap terjaga dan sektor penerbangan dapat berkontribusi optimal terhadap program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Adapun tingkat ketepatan waktu (on time performance/OTP) penerbangan di Bandara KNIA mencapai hampir 80 persen.

Diperkirakan, selain faktor cuti bersama, peningkatan jumlah penumpang juga disebabkan oleh stimulus yang diberikan pemerintah untuk tarif Pelayanan Jasa Penumpang Peawat Udara (PJP2U) atau Passenger Service Charge (PSC).

"Saat ini Bandar Internasional Kualanamu rute terbanyak yang kami layani yaitu Jakarta mendapatkan stimulus sehingga cukup memberikan dampak peningkatan jumlah penumpang dari dan menuju Medan," pungkasnya.

Sebelumnya ia menjelaskan bahwa berdasarkan data lalu lintas pergerakan penerbangan pada H-3 hingga H-1, arus penumpang di Bandar Kualanamu menunjukkan peningkatan jumlah pergerakan.

"Selama 3 hari menjelang libur panjang kami mencatat ada 7.295 penumpang pada Hari Sabtu (24/10), 8.099 di Hari Minggu (25/10), dan 6.992pada Selasa, (27/10). Puncak pergerakan terjadi pada Rabu (28/10) sejumlah 9891 penumpang," kata Paulina.

Paulina mengatakan jika dibandingkan dengan minggu sebelumnya pada jumlah hari yang sama, biasanya bandara KNIA datang dan pergi perharinya 5000 s.d 6000 penumpang, maka terjadi peningkatan dari penumpang.

"Dan saat ini jika dirata-rata minggu ini kami melayani 8 ribu penumpang per hari, sementara pada minggu lalu kami melayani 5 ribu penumpang," tambahnya.

(KAH/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi