Kapolres Dairi Tolak Rehab Rumah Dinas yang Didanai APBD

Kapolres Dairi Tolak Rehab Rumah Dinas yang Didanai APBD
Rumah dinas Kapolres Dairi (Analisadaily/Sarifuddin Siregar)

Analisadaily.com, Sidikalang - Kapolres Dairi, AKBP Ferio Sano Ginting, menolak rencana rehabilitasi rumah dinas yang dibiayai APBD Pemkab Dairi.

Ferio menegaskan pihaknya hanya ingin fokus menangani Covid-19 dan dampaknya.

"Kita fokus menangani Covid-19," kata Ferio didampingi Kasat Intelkam, AKP Polin Damanik, Kasubbag Humas, Iptu Donni Saleh dan Kanit Intelkam 2, Ipda Hotdiman Hutasoit.

Ditanya apakah pembiayaan nantinya akan diminta ke Polda Sumut atau Mabes Polri, Ferio kembali menyebut hanya ingin fokus menangani Covid-19.

Ferio mengaku tidak pernah mengusulkan perbaikan rumah dinas. Hal itu diajukan di era pejabat terdahulu, AKBP Leonardo Simatupang, tahun 2019.

Kemudian usulan itu ditampung dalam APBD Pemkab Dairi tahun 2020. Kegiatan itu kemudian dikenai refocussing dan dialokasikan ke APBD 2021.

"Kalau situasinya normal, tidak masalah dianggarkan sepanjang bisa dipertanggungjawabkan," kata alumni SMA Yayasan Soposurung Balige itu.

Diakuinya rumah dinas yang terletak di Jalan Sisingamangaraja, Sidikalang, itu sudah tua dan banyak kerusakan.

Sebelumnya, anggota DPRD Dairi, Juangga Silaban, mengajukan kritik ke Bupati Eddy Keleng Ate Berutu lewat pandangan umum. Alasannya Polres adalah lembaga vertikal.

Eddy menjawab usulan diajukan Kapolres dengan surat nomor B/1305/XII/Ren.1.3/2019 tanggal 13 Desember 2019.

Menurutnya bangunan tersebut banyak rusak dan perlu revovasi segera karena didirikan sejak tahun 1964.

(SSR/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi