Gempa Bumi Tektonik Mengguncang Tarutung

Gempa Bumi Tektonik Mengguncang Tarutung
Peta gempa bumi di Tarutung (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Tarutung - Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Minggu (22/11) malam.

Dari data BMKG diketahui gempa bumi tersebut terjadi sekitar pukul 21.11 WIB. Hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempa bumi itu berkekuatan M=3,3.

"Episenter terletak pada koordinat 1,99 LU dan 98,92 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 5 km Barat Daya Tapanuli Utara - SUMUT pada kedalaman 10 km," kata Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Edison Kurniawan.

Edison mengungkapkan bahwa dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif, sistem sesar Sumatera pada segmen Toru.

"Sementara, dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Tarutung III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu)," ujarnya.

"Kepada Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya," imbau Edison.

(JW/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi