Dosen USU Latih Siswa SMA di Perbaungan Kemampuan Bahasa Indonesia

Dosen USU Latih Siswa SMA di Perbaungan Kemampuan Bahasa Indonesia
Tim LPPM USU yang diisi Dosen Sastra Indonesia, FIB USU diabadikan bersama siswa SMA Yayasan Perguruan Setia Budi Abadi, Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Sergai - Tim Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Universitas Sumatera Utara (USU) yang diisi Dosen Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya mengadakan pelatihan kemampuan penggunaan Bahasa Indonesia dalam karya ilmiah di SMA Yayasan Perguruan Setia Budi Abadi, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Sergai.

Tim yang diketuai Dra Salliyanti, MHum dengan anggota Prof Dr Ikhwanuddin Nasution MSi, Drs Isma Tantawi MA, Drs Amhar Kudadiri MHum dan Drs Rosliani Lubis MHum itu memfokuskan pelatihan pada penggunaan kalimat efektif dan diksi dengan metode persuasif edukatif.

Kepada Analisadaily.com, Senin (7/12), Salliyanti MHum menjelaskan keterampilan dan kecermatan dalam pemakaian bahasa Indonesia, seperti ejaan, pilihan kata, dan kalimat-kalimat efektif perlu dibina dan ditingkatkan agar apa yang dikatakan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar dapat tercapai.

“Siswa SMA perlu memahami penggunaan kalimat yang efektif dan diksi yang baik agar mampu membuat karya ilmiah yang sesuai dengan kaidah bahasa kita,” ujarnya.

Karena itu, ia mengatakan, Tim LPPM USU melakukan pelatihan ke siswa SMA Yayasan Perguruan Setia Budi.

“Siswa adalah bagian dari generasi penerus bangsa. Kita ingin generasi penerus kita tidak salah dalam menggunakan bahasa nasionalnya. Mereka diajak dan dilatih untuk terbiasa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar agar timbul rasa bangga berbahasa Indonesia,” katanya.

Selain itu, imbuhnya, Tim LPPM USU berharap dengan metode persuasif timbul kesadaran para siswa tentang pentingnya menggunakan kalimat efektif dan diksi dalam tulisan ilmiah.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi