Kapolres Simalungun Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba 2020

Kapolres Simalungun Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba 2020
Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba 2020 (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Simalungun - Menjelang perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, kepolisian di seluruh Tanah Air mengemban misi penting agar agenda tersebut berjalan dengan aman, tertib, lancar, dan sehat di tengah pandemi Covid-19.

Misi tersebut dilaksanakan melalui kegiatan operasi terpusat dengan Operasi Lilin Toba 2020 yang diawali dengan pelaksanaan apel gelar pasukan, sebagai bentuk kesiapan dan sinergitas seluruh pihak yang dilibatkan.

Apel gelar pasukan ini dipimpin langsung Kapolres Simalungun, AKBP Agus Waluyo. Dalam amanat yang dibacakan menyebutkan, perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata yang akan meningkatkan aktivitas pada pusat keramaian.

“Peningkatan aktivitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas, gangguan Kamseltibcar Lantas dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19,” ucapnya, Senin (21/12).

Oleh karena itu, Polri akan menyelenggarakan operasi selama 15 hari, terhitung dari tanggal 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021, dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.

Kapolres Simalungun menyampaikan ada 7 poin dalam melaksanaan Pengamanan Operasi Lilin Toba 2020 yang perlu diperhatikan, yakni pertama siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ladang ibadah.

Kedua lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, ketiga tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan, keempat lakukan pengamanan secara profesional dan humanis, kelima lakukan penegakan hukum secara profesional dan proposional serta bertindak secara tegas.

Keenam mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi, ketujuh tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

(FHS/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi