Pesan Natal: Promosikan Kerjasama Bukan Persaingan

Pesan Natal: Promosikan Kerjasama Bukan Persaingan
Paus Fransiskus mengenakan masker saat akan menyampaikan pidato 'Urbi et Orbi' pada perayaan Natal di Aula Doa Doa Vatikan, Roma. (Reuters)

Analisadaily.com, Vatikan - Paus Francis dalam pesan Natalnya mengatakan, para pemimpin politik dan bisnis tidak boleh membiarkan kekuatan pasar dan undang-undang paten mengambil prioritas daripada membuat vaksin Covid 19 tersedia untuk semua.

Ia menyampaikan pesan tradisional "Urbi et Orbi" (ke kota dan dunia) secara virtual dari sebuah mimbar di dalam Vatikan alih-alih dari balkon pusat Basilika Santo Petrus di hadapan puluhan ribu orang.

Pandemi dan dampak sosial dan ekonominya mendominasi pesan, di mana Paus Fransiskus menyerukan persatuan global dan bantuan bagi negara-negara yang menderita konflik dan krisis kemanusiaan.

“Saat ini dalam sejarah, yang ditandai dengan krisis ekologi dan ketimpangan ekonomi dan sosial yang parah yang hanya diperburuk oleh pandemi virus corona, semakin penting bagi kita untuk saling mengakui sebagai saudara dan saudari,” kata Paus dilansir dari Reuters, Sabtu (26/12).

Ia menekankan, bahwa kesehatan adalah masalah internasional, dia tampaknya mengkritik apa yang disebut 'nasionalisme vaksin', yang dikhawatirkan para pejabat PBB akan memperburuk pandemi jika negara-negara miskin menerima vaksin terakhir.

“Saya mohon kepada semua orang, kepala negara, perusahaan dan organisasi internasional untuk mempromosikan kerja sama dan bukan persaingan, untuk menemukan solusi bagi semua orang, vaksin untuk semua, terutama bagi yang paling rentan dan membutuhkan di semua wilayah di planet ini,” kata dia.

“Yang paling rentan dan membutuhkan harus menjadi yang pertama,” sambungnya saat berada di Aula Doa Vatikan, dengan hanya sekitar 50 staf Vatikan yang mengenakan topeng duduk di sepanjang dinding yang panjang.

“Kita tidak bisa menempatkan diri kita di depan orang lain, menempatkan kekuatan pasar dan hukum paten di atas hukum cinta dan kesehatan kemanusiaan. Kita tidak bisa membiarkan nasionalisme tertutup menghalangi kita untuk hidup seperti keluarga manusia sejati kita," ujarnya.

Paus Fransiskus juga mengkritik orang-orang yang menolak memakai topeng karena melanggar kebebasan mereka, sikap yang telah meluas di negara-negara seperti Amerika Serikat.

“Dan kami juga tidak dapat membiarkan virus individualisme radikal menang atas kami dan membuat kami acuh tak acuh terhadap penderitaan saudara-saudari lainnya,” katanya.

Orang Italia berada di bawah penguncian nasional untuk sebagian besar periode liburan Natal dan Tahun Baru. Pembatasan itu berarti orang tidak dapat pergi ke Lapangan Santo Petrus atau basilika untuk acara kepausan, yang semuanya telah dipindahkan ke dalam ruangan.

Natal di atas segalanya adalah waktu untuk membantu orang lain karena Yesus sendiri terlahir sebagai orang buangan yang miskin, kata Paus Fransiskus pada Kamis malam pada Misa Malam Natal, yang dimulai dua jam lebih awal sehingga beberapa peserta bisa pulang sebelum jam 10 malam.

“Semoga Anak Betlehem membantu kita, kemudian, menjadi murah hati, mendukung dan membantu, terutama terhadap mereka yang rentan, yang sakit, mereka yang menganggur atau mengalami kesulitan karena dampak ekonomi dari pandemi, dan perempuan yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga selama bulan-bulan penguncian ini," katanya dalam pidatonya hari Jumat.

Dia kemudian menyerukan perdamaian dan rekonsiliasi di Suriah, Yaman, Libya, Nagorno-Karabakh, Sudan Selatan, Nigeria dan Kamerun dan Irak, yang akan dia kunjungi pada awal Maret.

Dia juga meminta untuk menghibur mereka yang menderita krisis kemanusiaan atau bencana alam di Burkina Fasso, Mali, Niger, Filipina, dan Vietnam.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi