Wagub Sumut Ijeck Lepas Ekspor Perdana Melalui Pelabuhan Sibolga

Wagub Sumut Ijeck Lepas Ekspor Perdana Melalui Pelabuhan Sibolga
Ijeck lepas ekspor perdana melalui Pelabuhan Sibolga (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Sibolga - Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah, melepas ekspor barang perdana melalui Pelabuhan Laut Kota Sibolga bersama PT Pelindo 1, Sabtu (13/2).

Adapun barang perdana yang di ekspor adalah komoditi kayu lapis (plywood) milik PT. Mujur Timber dengan volume 5.732 CBM (Cubic Meter) dengan nilai Rp 20 miliar.

Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck mengatakan, ini bukti nyata dukungan pemerintah pusat melalui program kerja Menkoperekonomian Airlangga Hartaro, begitu juga Menteri BUMN Erick Tohir melalui PT Pelindo 1, KSOP, Imigrasi, Bea Cukai, Balai Karantina, pemerintah daerah dalam percepatab pemulihan ekonomi Nasional.

"Kapal MV Beautriumph berbendera belanda ini nantinya akan langsung ke Antwerp, Belgia, Tilbury Inggris. Akan menghantarkan barang kita ke sejumlah negara di Inggris dan juga sekaligus mempromosikan daerah asal barang yang diekspor," ucapnya.

Turut hadir Wakil Ketua DPRD Sumut Ali Mustafa Nasution, anggota DPRD Sumut Irham Buana Nasution, Walikota Sibolga M Syafri Hutauruk, Wakil Ketua DPRD Sibolga Jamil Zeb Tumori, GM Pelindo 1 Cabang Sibolga M Eriansyah serta seluruh stakeholder dan tamu undangan.

Menurut Ijeck, ini adalah program pemerintah dalam mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional di masa pendemi. Seperti apa yang disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam strategi pemulihan ekonomi nasional.

"Terima kasih kepada Menkoperekonomian Bapak Airlangga Hartarto dan juga Bapak Erick Tohir sebagai Menteri BUMN dalam pelayanan kepada masyarakat melalui Pelindo 1," ungkapnya.

Ijeck juga mengaharapkan pantai barat Sumatera seperti Aceh juga memanfaatkan pelabuhan Sibolga ini. Sebab Aceh belum memiliki pelabuhan internasional langsung.

"Dengan dimulainya kegiatan Internasional melalui pelabuhan Sibolga ini diyakini biaya angkut untuk komoditi disekitar akan lebih murah. Jumlah angkatan kerja juga akan meningkat. Manfaatkan masyarakat sekitar dengan beroperasinya pelabuhan sibolga ini," ungkapnya.

Kondisi pelabuhan penumpang juga sudah sangat baik. Diketahui Pelindo 1 Cabang Kota Sibolga juga memiliki Terminal Penumpang yang diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 17 Maret 2019 lalu.

"Ke depan kita targetkan jika jumlah penumpang meningkat ukuran pelabuhan juga akan diperbesar," tandasnya.

General Manager Pelindo 1 Cabang Sibolga, Muhammad Eriansyah, dalam sambutan melaporkan kepada Musa Rajekshah bahwa kegiatan ini menjadi sejarah bagi Kota Sibolga dan PT Pelindo 1. Sebab ekspor ini menjadi aktivitas internasional perdana yang dilakukan melalui pelabuhan laut Sibolga.

"Hari ini kita akan memulai sejarah. Selama ini aktivitas internasional hanya dilakukan di Pelabuhan Belawan, mulai saat ini Pelabuhan Sibolga juga akan memulai aktivitas ekspor ke luar negeri. Ini tentunya tidak terlepas dari peran serta dukungan Pemerintah Provinsi Sumut dan Pemko Sibolga serta stakeholder terkait. Mudah-mudahan aktivitas internasional di Pelabuhan Sibolga ini terus berkembang dan berkesinambungan," terangnya.

Dengan dimulainya aktivitas internasional melalui pelabuhan laut sibolga, diharapkan roda perekonomian wilayah ini juga meningkat. Terbukti aktivitas kunjungan kapal di pelabuhan laut sibolga meningkat 39 persen dan peti kemas 38.4 persen.

"Pelindo 1 juga selalu mengedepankan prinsip lebih cepat, lebih murah, lebih transparan dan lebih baik dalam kemasan dan tampilan. Diharapkan aktivitas laut di pantai barat dan timur akan sejajar dengan pelabuhan laut internasional lainnya, sehingga aktivitas ekonomi tumbuh dengan cepat," jelasnya.

Wali Kota Sibolga, M Syafri Hutauruk mengatakan, Pelabuhan Sibolga ini adalah pelabuhan yang bersejarah, karena Pelabuhan Sibolga ini juga menjadi sejarah masuknya islam ke Sumut.

"Di sini juga dapat diekspor seperti CPO dan barang-barang pesisir pantai barat Pulau Sumatera," ungkapnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi