Bupati dan Wakil Bupati Deliserdang Disuntik Vaksin Covid-19

Bupati dan Wakil Bupati Deliserdang Disuntik Vaksin Covid-19
Bupati dan Wakil Bupati Deliserdang disuntik vaksin Covid-19 (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Lubuk Pakam - Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan, bersama Wakil Bupati, M A Yusuf Siregar, dan kedua istri masing-masing serta sejumlah pejabat, disuntik vaksin Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Deliserdang, Rabu (3/3).

“Setelah hasil skrining keluar dinyatakan layak divaksin, maka bapak divaksinasi beserta ibu. Pak Wakil Bupati dan Ibu Wakil Bupati juga,” jelas Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Deliserdang, dr Ade Budi Krista.

Kelayakan vaksinasi terhadap Bupati dan Wakil Bupati serta istri masing-masing, Yunita Ashari Tambunan juga Sri Pepeni Yusuf Siregar, sudah melalui prosedur standar yang ditetapkan. Diawali dari terdata dalam aplikasi registrasi, skrining dilakukan tim medis dan beberapa pertanyaan, termasuk tekanan darah tidak boleh lebih dari 180 per 110.

“Harus di bawah itu. Berarti tekanan darah di bawah itu, karena boleh divaksin,” ucapnya.

Untuk layak divaksin, orang yang diperiksa temperaturnya juga tidak boleh dalam kondisi demam dan batuk atau pilek, serta sejumlah syarat lainnya yang ada dalam aplikasi online.

Usai disuntik vaksin, Ashari Tambunan dan Yusuf Siregar beserta istri keduanya diobservasi selama 30 menit, selanjutnya disarankan untuk istirahat serta tidak boleh capek. Dan setelah 14 hari dari suntik dosis pertama, mereka akan menjalani suntik dosis kedua.

Sebelumya pada tahap awal suntik vaksin, baik Bupati Ashari Tambunan dan Wakil Bupati Yusuf Siregar dinyatakan tidak layak disuntik vaksin. Hal itu dikarenakan juknisnya menyatakan vaksin tersebut tidak boleh disuntikan kepada orang yang usianya lebih dari 59 tahun.

Sementara usia bupati dan wakil bupati sudah di atas 60 tahun dan kategori risiko tinggi (risti). Namun juknis selanjutnya menyatakan vaksin tersebut sudah boleh disuntikkan, termasuk orang kategori lanjut usia.

Kepala Bagian (Kabag) Protokol dan Komunikasi Pimpinan Ari Mulyawan yang dihubungi membenarkan orang nomor 1 dan 2 di Pemkab Deliserdang itu telah disuntik vaksin di RUSD Deliserdang sekira Pukul 10.00 WIB.

“Ya, tadi pagi sekitar Pukul 10.00 Bapak Bupati dan Wakil Bupati disuntik vaksin di RSUD. Sekarang kembali ke kediaman. Sesuai petunjuk dari dokter untuk istirahat. Kondisinya saat ini sehat walafiat,” ungkap Ari.

Ditambahkan dr Ade Budi Krista, selain bupati dan wakil bupati serta istri masing-masing, turut divaksin sejumlah pejabat diantaranya Kepala BKAD Agus Ginting, Kepala Bappeda Remus H Pardede, Kadis Ketahanan Pangan Rudi Tambunan, Kabag Kesra Mukti Ali Harahap serta Kabag Prokopim Ari Mulyawan.

(AK/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi