Paus Fransiskus Tiba di Baghdad

Paus Fransiskus Tiba di Baghdad
Paus Fransiskus saat akan berangkat ke Irak dari Bandara Leonardo da Vinci-Fiumicino di Roma, Italia, 5 Maret 2021. (Vatican Media/Handout via Reuters)

Analisadaily.com, Baghdad - Paus Fransiskus mendarat di Baghdad pada hari Jumat, 5 Maret 2021 untuk perjalanan luar negeri yang paling berisiko sejak terpilih pada tahun 2012. Dia mengatakan, dia merasa terikat kewajiban untuk melakukan kunjungan "simbol" karena Irak telah menderita begitu lama.

Sebuah pesawat Alitalia yang membawanya, rombongannya, seorang petugas keamanan, dan sekitar 75 wartawan, mendarat di Bandara Internasional Baghdad sedikit lebih cepat dari jadwal sebelum pukul 14:00 waktu setempat.

Irak mengerahkan ribuan personel keamanan tambahan untuk melindungi paus berusia 84 tahun itu selama kunjungan itu, yang terjadi setelah serentetan serangan roket dan bom bunuh diri menimbulkan kekhawatiran akan keselamatannya.

"Saya senang bisa melakukan perjalanan lagi," kata Francis dilansir dari Reuters.

Perjalanan ke Irak merupakan yang pertama di luar Italia sejak November 2019.

"Ini adalah perjalanan simbolik dan ini adalah tugas terhadap tanah yang telah menjadi martir selama bertahun-tahun," kata Francis, sebelum mengenakan topeng dan menyapa setiap reporter satu per satu, tanpa berjabat tangan.

Tur Francis akan membawanya dengan pesawat, helikopter, dan mungkin mobil lapis baja ke empat kota, termasuk daerah-daerah yang tidak dapat dijangkau oleh sebagian besar pejabat asing, apalagi dalam waktu yang sesingkat itu.

Dia akan melakukan Misa di sebuah gereja Baghdad, bertemu dengan ulama Muslim Syiah Irak di kota selatan Najaf dan melakukan perjalanan ke utara ke Mosul, di mana tentara harus mengosongkan jalan-jalan untuk alasan keamanan tahun lalu karena kunjungan perdana menteri Irak.

Mosul adalah bekas benteng ISIS, dan gereja serta bangunan lain di sana masih menyimpan bekas konflik.

Sejak kekalahan militan ISIS pada tahun 2017, Irak telah mengalami tingkat keamanan yang lebih besar, meskipun kekerasan terus berlanjut, seringkali dalam bentuk serangan roket oleh milisi yang bersekutu dengan Iran terhadap target AS, dan tindakan militer AS sebagai tanggapan.

Pada hari Rabu 10 roket mendarat di pangkalan udara yang menampung pasukan AS, koalisi dan Irak. Beberapa jam kemudian, Francis menegaskan kembali, dia akan melakukan perjalanan ke Irak.

ISIS juga tetap menjadi ancaman. Pada Januari, serangan bunuh diri yang diklaim oleh kelompok militan Sunni menewaskan 32 orang dalam serangan paling mematikan di Baghdad selama bertahun-tahun.

Francis akan bertemu dengan pendeta di sebuah gereja Baghdad di mana orang-orang bersenjata Islam membunuh lebih dari 50 jemaah pada tahun 2010. Kekerasan terhadap kelompok agama minoritas Irak, terutama ketika sepertiga dari negara itu dijalankan oleh ISIS, telah mengurangi komunitas Kristen kuno menjadi seperlima dari itu dulu 1,5 juta orang.

Paus juga akan mengunjungi Ur, tempat kelahiran nabi Ibrahim, yang dihormati oleh umat Kristen, Muslim dan Yahudi, dan bertemu dengan ulama Muslim Syiah Irak yang dihormati, Ayatollah Ali al-Sistani yang berusia 90 tahun.

Pertemuan dengan Sistani, yang memiliki pengaruh besar atas mayoritas Syiah Irak dan dalam politik negara itu, akan menjadi yang pertama oleh seorang paus.

Beberapa kelompok militan Syiah telah menentang kunjungan paus, membingkainya sebagai campur tangan Barat dalam urusan Irak, tetapi banyak warga Irak berharap hal itu dapat membantu memupuk pandangan baru tentang Irak.

"Ini mungkin tidak banyak berubah di lapangan, tapi setidaknya jika paus berkunjung, orang akan melihat negara kita dalam sudut pandang yang berbeda, bukan hanya bom dan perang," kata Ali Hassan, seorang warga Baghdad berusia 30 tahun yang menjemput kerabatnya di Bandara.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi