Doakan Korban Perang, Paus: Jangan Putus Asa

Doakan Korban Perang, Paus: Jangan Putus Asa
Paus Fransiskus memegang seekor burung merpati putih di sebuah alun-alun dekat reruntuhan Gereja Katolik Suriah yang Dikandung Tanpa Noda (al-Tahira-l-Kubra), di kota tua Mosul utara Irak pada 7 Maret 2021. (AFP PHOTO/HO/MEDIA VATIKAN)

Analisadaily.com, Irak - Paus Fransiskus berdoa untuk "korban perang" di Irak utara, tempat kelompok Negara Islam Irak dan Syam (ISIS) menghancurkan salah satu komunitas Kristen tertua di dunia sampai mereka dikalahkan tiga tahun lalu.

Dengan runtuhnya sebagian tembok Gereja Al-Tahera yang berusia berabad-abad di belakangnya, Paus Fransiskus memohon agar umat Kristiani di Irak dan Timur Tengah tetap tinggal di tanah air mereka.

Paus mengatakan, eksodus "tragis" umat Kristen dari Irak dan wilayah yang lebih luas tidak hanya merugikan individu dan komunitas yang bersangkutan, tetapi juga bagi masyarakat yang mereka tinggalkan

Serangan ISIS memaksa ratusan ribu orang Kristen di provinsi Nineveh Irak utara untuk melarikan diri. Populasi Kristen di negara itu telah menyusut menjadi kurang dari 400.000 dari sekitar 1,5 juta sebelum invasi pimpinan AS pada tahun 2003.

Umat ??beriman berkumpul pada hari Minggu di halaman Gereja Al-Tahera, yang atapnya runtuh saat berperang melawan ISIS pada tahun 2017. Itu adalah salah satu dari setidaknya 14 gereja tertua di provinsi Niniwe yang dihancurkan.

Menyaksikan dari jauh ketika ISIS menyapu Nineveh pada tahun 2014, Paus Fransiskus mengatakan pada saat itu dia siap untuk datang dan bertemu dengan para pengungsi dan korban perang lainnya untuk menunjukkan solidaritas.

Dia akhirnya memenuhi janjinya pada hari Minggu, mengadakan layanan doa di Qaraqosh, yang gereja kuno bernama Al-Tahera, seperti yang ada di Mosul.

Penduduk Qaraqosh sejak itu membangun kembali rumah mereka dengan sedikit bantuan pemerintah dan Al-Tahera juga telah direnovasi, lantai marmernya yang megah dan tiang-tiang internal digosok untuk menampung tamu terpentingnya.

Mengenakan jubah sulaman tradisional, ratusan umat, yang berbicara dengan dialek modern Aram, bahasa yang diucapkan oleh Yesus Kristus, menyambut paus dengan himne dan ranting zaitun.

"Jangan berhenti bermimpi! Jangan menyerah! Jangan putus asa!. Sekaranglah waktunya untuk membangun kembali dan memulai dari awal," kata Paus Paus Fransiskus dilansir dari Channel News Asia, Minggu (7/3).

Pengerahan personel keamanan terberat telah dimobilisasi untuk melindungi Paus Fransiskus di Irak utara pada hari yang mungkin paling berisiko dalam perjalanan bersejarahnya ke negara di mana pasukan negara masih memburu sel-sel tidur ISIS.

Tetapi paus tampaknya tidak terganggu, ketika dia dibawa berkeliling Kota Tua Mosul yang bersejarah, sebagian besar dihancurkan selama pertarungan keras untuk mengusir para jihadis dengan mobil golf.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi