Pemenang STQH Akan Diberangkatkan Umroh

Pemenang STQH Akan Diberangkatkan Umroh
Bupati Paluta, Andar Amin Harahap, membuka Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist (STQH) ke III di lapangan SD Negeri Batu Gana, Kecamatan Padang Bolak Julu, Minggu (21/3) (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Batugana - Bupati Padang Lawas Utara, Andar Amin Harahap, membuka secara resmi Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist (STQH) ke III tingkat kabupaten Paluta tahun 2021 di lapangan SD Negeri Batu Gana, Kecamatan Padang Bolak Julu, Minggu (21/3).

STQH ke III tingkat kabupaten Paluta memperlombakan 10 cabang antara lain Tilawah anak-anak, Tilawah Dewasa, Tahfizh Qur’an 1 juz dan tilawah, Tahfizh Qur’an 5 juz dan tilawah, Tahfizh Qur’an 10 juz, Tahfizh Qur’an 20 juz, Tahfizh Qur’an 30 juz, Tafsir Bahasa Arab, 100 Hadist Nabi dan 500 Hadist Nabi sehingga akan menghasilkan 60 juara atau pemenang.

Acara dibuka pukul 20.30 WIB malam mengangkat tema STQH ke III Membentuk karakter bangsa yang beragama untuk menuju Indonesia maju yang berperadaban memperlombakan 10 kategori diikuti oleh 12 kafilah dari 12 kecamatan.

Asisten I Setdakab Paluta, Syarifuddin Harahap, menyebutkan pelaksanaan STQH ke III tingkat kabupaten Paluta dijadwalkan akan digelar selama tiga hari mulai tanggal 21 hingga 23 Maret 2021.

“Peserta sebanyak 248 orang dari 12 kecamatan di Kabupaten Paluta dengan rincian 188 orang peserta dan pendamping 60 orang,” kata Syarifuddin.

Pemenang dari STQH ke III tingkat kabupaten Paluta ini nantinya akan mewakili kabupaten Paluta pada pelaksanaan STQH tingkat Provinsi Sumatera Utara yang dijadwalkan akan digelar di Pematang Siantar pada April 2021.

Andar menyampaikan sangat mendukung dan mengapresiasi penyelenggaraan STQH tingkat kabupaten Paluta untuk mendorong terwujudnya masyarakat Paluta yang Beriman, cerdas, maju dan beradat.

Pelaksanaan STQH tentunya bukan hanya sekedar acara seremonial, namun harus benar-benar menggambarkan penilaian yang benar. Cabang yang dilombakan harus benar-benar dilaksanakan sesuai aturan atau kaidah dengan harapan setelah lomba akan memberi manfaat bagi masyarakat kabupaten Paluta.

"STQH kali ini sengaja kita gelar di kecamatan ini bukan hanya sekedar menjadi ajang perlombaan semata, tapi lebih dari itu harus dijadikan sebagai peneguhan syiar islam sehingga Qari Qariah yang lahir melalui perhelatan akbar ini dapat menjadi sumber cahaya yang menerangi kehidupan masyarakat Kabupaten Paluta,” ujarnya.

Andar mengaku secara pribadi ia akan memberikan hadiah umroh kepada sejumlah orang peserta yang berhasil meraih juara pada pelaksanaan STQH ke III tingkat kabupaten Paluta.

Pada STQH sebelumnya Bupati Paluta juga memberikan hadiah sebagai motivasi yakni tiket umroh untuk lima orang pemenang.

“Untuk tahun ini Insyaallah akan saya tambahi orangnya yang dapat tiket umroh untuk pemenang dan dewan hakim. Yang pasti lebih dari lima orang yang akan menerima tiket umroh,” sebutnya.

Pelaksanaan STQH ini juga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan pengamalan kandungan Al Qur’an sehingga nantinya dapat diaplikasikan dalam kalehidupan bermasyarakat.

“Selamat bertanding kepada seluruh peserta, semoga nantinya bisa menjadi contoh dan teladan yang berpedoman kepada Al Qur’an di tengah kehidupan masyarakat,” harapnya.

(ONG/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi