Gempa Tektonik M5,0 Terjadi di Balige

Gempa Tektonik M5,0 Terjadi di Balige
Peta gempa bumi tektonik di Balige (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Gempa bumi tektonik dengan kekuatan M=5,0 mengguncang wilayah Danau Toba, Sabtu (27/3) sore.

Dari hasil analisis BMKG dalam informasi pendahuluan menunjukkan gempa bumi itu terjadi sekitar pukul 15.46 WIB dengan magnitudo M=5,0 kemudian diupdate menjadi magnitudo M=5,2.

"Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2.43 LU dan 98.96 BT , atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 11 km arah Barat Laut Kota Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara pada kedalaman 137 km," kata Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno.

Bambang menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat dari aktivitas subduksi.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan sesar naik (thrust fault)," jelasnya.

Berdasarkan estimasi peta guncangan (shakemap), gempa bumi ini berpotensi menimbulkan guncangan di Samosir I-II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi Tsunami," tutur Bambang.

Hingga pukul 16.15 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," imbau Bambang.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi