Sektor Kesehatan Kunci Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional

Sektor Kesehatan Kunci Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional
Presiden Direktur CIMB Niaga, Tigor M. Siahaan (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Jakarta - CIMB Niaga menyelenggarakan Forum Indonesia Bangkit seri pertama dengan tema “Strategi Sektor Kesehatan untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional”. Acara dihadiri Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, serta nara sumber utama lainnya.

Forum Indonesia Bangkit menjadi rangkaian program sepanjang 2021 sebagai ruang virtual bagi nasabah CIMB Niaga dan masyarakat untuk memperoleh informasi terbaru, perkembangan terkini, dan insight yang relevan dengan lintas sektor usaha. Selain itu, forum ini juga diharapkan menjadi wadah semua pihak untuk berkolaborasi demi percepatan pemulihan ekonomi.

Presiden Direktur CIMB Niaga, Tigor M. Siahaan mengatakan, saat ini Indonesia dan hampir semua negara sedang menghadapi situasi perekonomian menantang yang dimulai dari krisis kesehatan, sebagai akibat dari pandemi. Pemulihan ekonomi perlu dimulai dari pemulihan pada sektor kesehatan masyarakat, diantaranya melalui program vaksinasi yang tengah digencarkan pemerintah.

“Kita bersyukur krisis keuangan tidak terjadi, sebab pemerintah dan regulator mengambil langkah yang cepat dan tepat untuk menanganinya. Meski demikian, pemulihan ekonomi tidak bisa hanya mengandalkan satu pihak atau sektor saja, tetapi diperlukan kolaborasi lintas sektor. Forum Indonesia Bangkit diharapkan bisa menjadi wadah untuk memfasilitasi hal tersebut,” kata Tigor saat membuka Forum Indonesia Bangkit seri pertama di Jakarta, Selasa (6/4).

Sejak awal pandemi, CIMB Niaga konsisten mendukung pemerintah, nasabah, karyawan, dan masyarakat dalam meredam dampak yang terjadi. Upaya itu dilakukan antara lain melalui gerakan sosial #SolidLawanCovid yang bertujuan membantu masyarakat yang terdampak dan mendukung perjuangan para tenaga medis. Program ini bersama CIMB Niaga Peduli juga secara aktif menyalurkan bantuan, termasuk memberikan perlengkapan kesehatan ke sejumlah rumah sakit di Tanah Air.

CIMB Niaga juga mengimplementasikan program restrukturisasi dan relaksasi kredit bagi nasabah yang memenuhi ketentuan sehingga bisa menghadapi tantangan dan mempertahankan kelangsungan bisnisnya. Adapun untuk memberikan kemudahan layanan kepada para nasabah, CIMB Niaga juga mengoptimalkan layanan digital banking melalui OCTO Mobile dan OCTO Clicks untuk nasabah Consumer dan BizChannel@CIMB bagi nasabah Business.

Menurut Tigor, inisiatif dan upaya yang telah dilakukan CIMB Niaga untuk mendampingi dan memberikan layanan kepada nasabah di masa pandemi berbuah penghargaan ‘The Most Helpful Bank during Covid-19 in Indonesia’ dari The Asian Banker. CIMB Niaga dinilai sebagai bank yang paling peduli dan memiliki perhatian besar untuk membantu nasabah di tengah pandemi.

Pada Forum Indonesia Bangkit ini, para nara sumber menekankan pentingnya membangun optimisme dan berkolaborasi dalam rangka pemulihan ekonomi untuk Indonesia bangkit. Selain Wapres Ma’ruf Amin yang menyampaikan keynote speech, nara sumber lainnya berbagi pandangan mewakili sektor masing-masing.

Menkes Budi Gunadi Sadikin membawakan tema “Strategi Vaksinasi untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional”. Adapun CEO PT Siloam International Hospitals Tbk Caroline Riady menjelaskan tentang “Sinergitas dan Strategi Penyelenggara Jasa Kesehatan Meningkatkan Public Health dalam rangka Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional”.

Mewakili sektor usaha, Presiden Direktur PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) Tbk Anggara Hans Prawira membawakan materi bertema “Perkembangan Daya Beli Masyarakat dan Strategi Sektor Retail dalam Pemulihan Ekonomi Tahun 2021”.

Selain itu, Managing Director Sinar Mas Land Alim Gunadi memaparkan pengalamannya tentang “Strategi Industri Properti Membantu Pemulihan Ekonomi Nasional”.

“Kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Wapres Ma’ruf Amin, Menkes Budi Gunadi Sadikin, dan seluruh pembicara yang telah berkenan meluangkan waktu untuk berbagi dan hadir bersama-sama dalam forum yang diharapkan dapat berkontribusi terhadap percepatan pemulihan ekonomi nasional,” tutur Tigor.

Dengan pemahaman yang utuh tentang kondisi terkini sektor kesehatan dan ekonomi, CIMB Niaga berharap dapat mengobarkan semangat optimisme nasabah dan masyarakat untuk bangkit menuju Indonesia yang lebih baik.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi