Pasca Divaksin Penuh, Warga AS Bisa Keluar Tanpa Masker

Pasca Divaksin Penuh, Warga AS Bisa Keluar Tanpa Masker
Seseorang berpose di Times Square setelah Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengumumkan pedoman baru mengenai pemakaian masker di luar ruangan dan vaksinasi selama wabah Covid-19 di Manhattan, New York City, pada 27 April 2021. (Reuters/Andrew Kelly)

Analisadaily.com, Washington - Regulator Kesehatan Amerika Serikat mengatakan, orang-orang yang telah divaksinasi penuh dapat dengan aman melakukan aktivitas luar ruangan seperti berjalan kaki dan hiking tanpa memakai masker. Tetapi mereka harus menggunakannya saat di ruang publik di mana mereka diperlukan.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Joe Biden, mendesak mereka yang belum mendapatkan suntikan, agar segara divaksin.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, saran kesehatan yang diperbarui datang karena lebih dari setengah dari semua orang dewasa di Amerika Serikat sekarang telah menerima setidaknya satu dosis vaksin Covid-19.

Biden mengatakan, saran baru itu adalah hasil dari langkah-langkah yang diambil negara itu untuk melawan virus Corona.

"Kami telah membuat kemajuan yang menakjubkan karena kalian semua. Turun secara dramatis. Kematian di antara warga lanjut usia telah turun hingga 80 persen karena vaksinasi meningkat,' kata Biden dilansir dari Channel News Asia, Rabu (28/4).

"Jika Anda divaksinasi, Anda dapat melakukan lebih banyak hal, lebih aman, baik di luar maupun di dalam ruangan," kata Biden, seraya menambahkan, masker harus tetap dikenakan di kerumunan besar dan di acara-acara stadion.

Mengenakan masker wajah telah dianggap para ahli sebagai salah satu cara paling efektif untuk mengendalikan penularan virus. Dengan sebagian besar penularan terjadi di dalam ruangan.

Vaksinasi meningkat, penggunaan masker di luar ruangan telah menjadi perdebatan publik selama berminggu-minggu di Amerika Serikat karena orang Amerika ingin menikmati manfaat dari vaksinasi penuh.

CDC menyebut pedoman baru itu sebagai "langkah pertama" dalam membantu orang Amerika yang divaksinasi penuh untuk melanjutkan kegiatan yang telah mereka hentikan karena pandemi.

Kasus COVID-19 baru turun 16 persen dalam seminggu terakhir karena Amerika Serikat melampaui 140 juta orang setelah menerima setidaknya satu suntikan vaksin resmi dari vaksin satu dosis Pfizer-BioNTech, Moderna atau Johnson & Johnson.

Lebih dari 29 penduduk AS telah divaksinasi penuh, CDC melaporkan, dan 43 persen telah mendapatkan satu dosis dari dua suntikan vaksin.

Gedung Putih sedang mencoba untuk mengatasi keraguan vaksin, dan Biden menawarkan pedoman masker baru sebagai alasan lain untuk mendapatkan suntikan pada hari Selasa.

"Jadi, bagi mereka yang belum mendapatkan vaksinasi, terutama jika Anda lebih muda atau berpikir Anda tidak membutuhkannya, ini adalah alasan bagus lainnya untuk mendapatkan vaksinasi," kata Biden

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi