Pemkab Palas Lelang 15 Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama

Pemkab Palas Lelang 15 Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama
Ketua Panitia Seleksi JPT Pratama Kabupaten Padang Lawas, Arpan Nasution (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Sibuhuan - Pemerintah Kabupaten Padang Lawas (Pemkab Palas) kembali membuka pendaftaran lelang untuk 15 jabatan pimpinan tinggi pratama.

Ini adalah lelang jabatan tinggi pratama kedua sepanjang tahun 2021. Sebelumnya 12 jabatan pimpinan tinggi pratama telah dilelang Januari dan dilantik Maret 2021.

Ketua Panitia Seleksi, Arpan Nasution, membenarkan adanya lelang jabatan. Untuk informasi lebih detail dia meminta agar menghubungi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Padang Lawas.

"Hubungi saja dulu Kepala BKD, saya lagi di Medan," kata Arpan Nasution kepada Analisadaily.com, Sabtu (22/5).

Sementara Kepala BKD Palas, Adi Putra Halomoan Hasibuan, yang juga koordinator sekretariat panitia seleksi juga membenarkan pendaftaran lelang terbuka yang telah dimulai sejak Jumat (21/5).

"Pendaftaran sudah dibuka dan terakhir pendaftaran 5 Juni 2021," kata Adi Putra.

Adi mengatakan, dasar pelaksanaan lelang jabatan pimpinan tinggi pratama berdasarkan Peraturan Bupati Padang Lawas tentang seleksi JPT Pratama di lingkungan Pemkab Palas.

Kemudian surat persetujuan Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN) tentang rekomendasi rencana seleksi terbuka JPT Pratama di lingkungan Pemkab Padang Lawas.

"Lelang jabatan ini dilakukan untuk menempatkan seseorang sesuai dengan kemampuannya atau the right man on the right job," sebut Adi.

Menurutnya lelang jabatan diharapkan bisa melahirkan pejabat yang berdasarkan kompetensi dan kelayakan sehingga semua menempati jabatannya secara tepat.

"Sesuai amanat UU tentang ASN, dalam penempatan jabatan eselon II harus melalui mekanisme lelang," jelas Adi.

Adapun 15 JPT Pratama yang dilelang yaitu Asisten Asministrasi Umum, Staf Ahli Bupati, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Kemudian Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsib, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran, Kepala Bappeda dan Ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Pendaftaran dilakukan 2 Mei-5 Juni 2021. Pengumuman hasil seleksi administrasi dilakukan setelah selesai pendaftaran.

Selanjutnya 30 Juni adalah penetapan pengkoordinasian dan pengusulan persetujuan dari KASN serta 19 Juli direncanakan pelantikan.

(ATS/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi