Barista Kopi Diajak Lebih Kreatif dan Inovatif Tarik Pelanggan

Barista Kopi Diajak Lebih Kreatif dan Inovatif Tarik Pelanggan
Para peserta saat mengikuti pelatihan Barista kepada Coffee Shop di Wak Ucok Coffee, Jalan Anwar Idris, Kelurahan Bunga Tanjung, Kecamatan Datuk Bandar Timur, Kota Tanjungbalai, Rabu (16/6). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Tanjungbalai - Semakin tinggi minat masyarakat terhadap kopi saat ini membuat gerai-gerai Coffee Shop menjamur di berbagai kota. Hal itu juga menuntut para pemilik gerai Coffee Shop untuk mencari Barista handal sebagai unjuk tombak meracik kopi agar menghadirkan cita rasa terbaik pada kopi.

Owner Kopi Cimbang Sinabung, Imam Syukri Syah Tarigan menyampaikan, profesi Barista saat ini lagi banyak dibutuhkan.

"Saat ini ada banyak sekali kafe - kafe yang membuka lowongan kerja mencari Barista karena merasa bahwa Barista itu penting untuk sebuah Coffee Shop," kata membuka acara pelatihan Barista yang berlangsung di Wak Ucok Coffee, Jalan Anwar Idris, Kelurahan Bunga Tanjung, Kecamatan Datuk Bandar Timur, Kota Tanjungbalai, Rabu (16/6).

Imam menegaskan tingginya akan kebutuhan profesi Barista untuk Coffee Shop harus di barengi dengan penguatan wawasan Barista terhadap kopi sejak dari hulu hingga hilir.

Menurutnya, peran seorang Barista tidak hanya pada teknis seperti meracik kopi namun juga harus bisa yang bersifat non teknis agar lebih kreatif dan inovatif dalam menarik minat pelanggan.

"Tugas Barista bukan hanya menyeduh kopi, tetapi juga harus bisa memprsentasekan dan memperkenalkan proses kopi lebih detail, apa kandungan dan cita rasa yang ada pada kopi itu, dengan begitu dia bisa paham selera-selera para pelanggan setia yang datang," ujarnya.

Owner yang pernah membawa Kopi Karo Cimbang Sinabung menang di Perancis Kota Paris itu juga mengatakan bahwa pelatihan itu digelar secara gratis dan akan dilaksanakan di beberapa wilayah di Sumatera Utara.

"Saat ini saya mulai dari Kota Tanjungbalai dan akan ada kota-kota berikutnya di Sumut yang akan saya buka kelas Barista secara gratis. Saya ingin menjelajah Sumut untuk memberikan ilmu pengetahuan cara racik kopi yang benar dengan nama trennya Barista," imbuhnya.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi