Orang Kepercayaan Aung San Suu Kyi Wafat Karena Covid-19

Orang Kepercayaan Aung San Suu Kyi Wafat Karena Covid-19
Nyan Win, mantan juru bicara NLD, telah meninggal dunia setelah terinfeksi Covid-19 di penjara. (AFP/Ye Aung Thu)

Analisadaily.com, Yangon - Orang kepercayaan Aung San Suu Kyi dan juru kampanye demokrasi meninggal dunia pada Selasa (20/7) setelah terinfeksi Covid-19 di penjara.

Nyan Win, seorang anggota senior veteran dan mantan juru bicara partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) dipimpin Aung San Suu Kyi, berusia 78 tahun.

Dia ditangkap setelah kudeta 1 Februari menggulingkan NLD dari kekuasaan dan ditahan di penjara Insein Yangon yang terkenal dengan tuduhan penghasutan.

"U Nyan Win ditemukan dengan gejala Covid-19 pada 11 Juli dan dipindahkan ke Rumah Sakit Umum Yangon untuk mendapatkan perawatan. Dia meninggal pagi ini jam 9 pagi di rumah sakit," kata Zaw Min Tun, juru bicara Dewan Administrasi Negara, begitu junta menyebut dirinya.

"Nyan Win memiliki kondisi yang mendasari hipertensi dan diabetes," tambahnya.

Seorang politisi veteran yang bekerja pada masalah hak asasi manusia, Nyan Win adalah satu-satunya orang yang diizinkan untuk bertemu dengan Aung San Suu Kyi selama rezim junta sebelumnya ketika dia ditahan di bawah tahanan rumah selama 15 tahun.

Dia menjabat sebagai penyalur bagi pemenang Nobel saat dia dipenjara, menyampaikan pesan-pesannya dari Burma yang terisolasi, sebagaimana Myanmar sebelumnya dikenal ke dunia luar dan para pendukungnya.

"Kami sangat bergantung padanya. Saya sangat sedih kehilangan dia," kata pengacara Khin Maung Zaw, yang merupakan bagian dari tim hukum Suu Kyi, kepada AFP.

"Tapi kami akan mengubah kesedihan kami menjadi kekuatan kami untuk bergerak maju," tuturnya.

Myanmar, yang telah berada dalam kekacauan sejak kudeta, sekarang tertekuk di bawah lonjakan kasus Covid-19.

Rumah sakit di seluruh negeri menderita kekurangan peralatan medis, tempat tidur, oksigen dan dokter.

Penjara Myanmar juga penuh, karena tindakan keras junta terhadap para pembangkang, aktivis dan politisi NLD, meningkatkan kekhawatiran wabah fatal di balik jeruji besi.

Juru bicara Zaw Min Tun mengatakan, 375 orang di penjara di seluruh negeri telah dinyatakan positif Covid-19. Sekitar 200 dari mereka berada di rumah sakit, termasuk anggota senior NLD Han Thar Myint yang saat ini dalam perawatan intensif.

Wartawan Amerika, Danny Fenster juga ditahan di Insein setelah dia ditahan ketika mencoba meninggalkan Myanmar pada Mei.

Media yang dikelola pemerintah mengatakan bahwa 1,6 juta orang telah divaksinasi di seluruh negeri, sekitar 2 persen dari populasi

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi