Dolly Pasaribu Ajak Masyarakat Jadikan Huta Ginjang Duta Wisata Desa

Dolly Pasaribu Ajak Masyarakat Jadikan Huta Ginjang Duta Wisata Desa
Bupati Tapsel, Dolly Pasaribu (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Angkola Timur – Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), Dolly Putra Parlindungan Pasaribu, mengajak masyarakat menjadikan Desa Huta Ginjang, Kecamatan Angkola Timur, sebagai Duta Wisata Desa.

"Alam Desa Huta Ginjang iibaratkan seorang gadis, sudah cantik rupanya, baik juga perangainya, hanya tinggal memoles sedikit lagi agar terlihat lebih indah. Orang pun akan semakin senang berteman dengannya," katanya saat peletakan batu pertama pembangunan desa wisata agro di Desa Huta Ginjang, Kecamatan Angkola Timur, Kabupaten Tapsel, ditulis Minggu (25/7).

Dikatakan, alam desa Huta Ginjang sangat menyegarkan mata, hijau, kuning warna padinya, sebagian sudah disemai (ditanami) dan sebagian lagi sudah tumbuh, ditambah lagi hawa yang sejuk dan udara segar.

"Mungkin ini yang dicari orang ketika penat, suasana alam asli pedesaan, namun sampah berserakan di parit dan jalanan. Pekan lalu, ada program dari salah satu perusahaan untuk hadirkan Bank Sampah di Desa Huta Ginjang, di mana sampah yang akan ditabung di Bank Sampah bisa diubah menjadi uang dan tentu akan jadi sumber penghasilan baru bagi warga desa," terangnya.

Dolly mengungkapkan, warga berhasil mengumpulkan sekitar 167 Kg sampah untuk ditabung ke Bank Sampah.

"Dari 167 Kg sampah itu, total didapat dalam bentuk tabungan yakni sekitar Rp 700 ribu. Pekan depan harus lebih giat lagi, sebab pekan lalu Desa Siamporik Dolok, Kecamatan Angkola Selatan mampu memperoleh tabungan di Bank Sampah sekitar Rp 1,4 juta," ujarnya.

Lebih lanjut Dolly memuji langkah berani kades, di suasana masih pandemi Covid-19 dan orang cenderung dibatasi ruang geraknya, namun terus membenahai desanya.

"Kalau Covid-19 semakin melandai, orang akan banyak bersantai dan berkunjung ke Desa Agro Wisata Huta Ginjang ini. Saya membayangkan, warga Huta Ginjang sudah berjiwa melayani, sehingga setiap rumah di Huta Ginjang ramah wisatawan, orang yang berkunjung pun kerasan. Ingin lebih lama, kangen ingin kembali lagi. Seperti kata pepatah 'Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya akan menjadi pengalaman terindah'," katanya.

Semua ini lanjutnya, haruslah dimulai dari "hospitality" atau keramahan warga Huta Ginjang dan warga Angkola Timur umumnya.

"Di sini adalah daerah yang sangat menjunjung tinggi adat dan budaya Tapsel," sebutnya.

Anggota DPR RI Gus Irawan Pasaribu, memuji kedisiplinan warga Tapsel yang cenderung telah menaati protokol kesehatan. Gus Irawan mengajak masyarakat untuk mendukung program vaksinasi Covid-19.

Gus Irawan mengaku bangga, karena di tengah situasi sulit seperti ini, ada terobosan desa wisata agro di Desa Huta Ginjang yang nantinya bisa membantu penghasilan masyarakat.

"Luar biasa terobosan Camat Angkola Timur ini. Tadi juga, Pak Bupati menjelaskan, rupanya sampah bisa diolah jadi bernilai ekonomis. Terimakasih Pak Bupati. Ini, lingkungan jadi bersih, tapi ada nilai ekonomis yang bawa keuntungan bagi masyarakat," tuturnya.

Camat Angkola Timur, Ricky Hadamean Siregar, berharap kegiatan peletakan batu pertama desa wisata agro itu mampu membawa semangat bagi masyarakat di Desa Huta Ginjang guna meraih kesejahteraan.

"Nantinya, desa wisata agro di Huta Ginjang akan fokus di sektor pertanian dan kuliner khas. Bukan tanpa alasan, struktur alam yang cenderung agraris di Huta Ginjang jadi faktor pendukung untuk mengembangkan sektor pertanian," ungkapnya.

(HIH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi