Daun Agro-BNI Kolaborasi Majukan Pertanian di Tapteng

Daun Agro-BNI Kolaborasi Majukan Pertanian di Tapteng
Kolaborasi majukan pertanian di Tapteng, Sumut (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Sibolga - Bangun Kolaborasi untuk Memajukan Pertanian Padi, BNI Kantor Cabang Sibolga Menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Daun Agro Nusantara sebagai perusahaan Offtaker Pertanian, Jumat (27/8).

Dalam rangka meningkatkan produktifitas dan swasembada pangan di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara (Sumut), Daun Agro Nusantara turun di berbagai daerah Indonesia dalam rangka menjadi “offtaker” penjamin pembeli hasil panen padi bagi petani di Kecamatan Sorkam dan Sosorgadong.

“Daun Agro berkomitmen untuk mendukung petani maju dan petani sejahtera” dengan konsep “integrated offtaker” di sektor tanaman pangan,” demikian disampaikan M Hadi Nainggolan selaku CEO Daun Agro dalam keterangan tertulisnya.

Daun Agro sendiri mengandeng BNI sebagai mitra kolaborasi dalam optimaliasi pembiayaan pertanian dengan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) Sektor Tani tanaman pangan.

Salah satu faktor penting dalam memajukan pertanian indonesia adalah modal, untuk itu kita berkolaborasi dengan BNI agar bisa menyalurkan KUR Pertanian kepada Petani Mitra Daun Agro sebagai modal usaha pertanian.

“Hari ini kita sudah menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan BNI Cabang Sibolga untuk penyaluran KUR Pertanian di Tapanuli Tengah,” imbuh Hadi Nainggolan yang juga Founder #TaniMellenial.

Hadi Nainggolan juga menyampaikan Daun Agro memiliki lima tugas dan fungsi sebagai “integrated offatker” tanaman pangan. Pertama, Daun Agro sebagai pembuka akses dan pemberi rekomendasi kepada perbankan terhadap petani mitra agar mendapatkan pembiyaan modal usaha taninya.

Kedua, Daun Agro sebagai penjamin pembeli hasil panen padi petani sesuai dengan harga pasar yang berlaku saat itu.

Ketiga, Daun Agro berfungsi untuk menaikkan produktifitas hasil panen petani mitra, dengan pendampingan petani mitra dalam hal budidaya, mulai dari pengolahan lahan, pembibitan, penanaman, pemupukan, perawatan, pengawasan, panen hingga penggunaan alat mesin pertanian (alsintan).

Keempat, Daun Agro juga turus serta dalam pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan kapasitas soft skill, technical dan attitude. Intinya Daun Agro akan banyak melakukan “transfer wawasan” agar petani bisa beradaptasi dengan berbagai teknologi pertanian.

Kelima, Daun Agro juga berperan serta dalam kelancaran pengembalian modal usaha tani melalu KUR yang telah disalurkan oleh perbankan.

Kepala Cabang BNI Sibolga, Guntur Pangaribuan menyampaikan, pihaknya sebagai penyalur KUR Pertanian di Wilayah Tapteng siap support para petani.

“Agar bisa lebih maju dan sejahtera melalui kemitraan dengan perusahaan offtatker,” tandasnya.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi