Petugas Rutan Tarutung Geledah Kamar Hunian dan Cek Instalasi Listrik

Petugas Rutan Tarutung Geledah Kamar Hunian dan Cek Instalasi Listrik
Pemeriksaan kamar hunian dan instalasi listrik di Rutan Tarutung (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Tarutung - Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan (Satops Patnal), Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (KPR) dan Regu Pengamanan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Tarutung melakukan penggeledahan kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakan (WBP), Rabu (8/9).

Selain menggeledah kamar hunian WBP, tim juga melakukan pemeriksaan dan cek instalasi listrik untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib) rutan.

Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (KPR) Kelas IIB Tarutung, M. Nurdin Tanjung, menjelaskan penggeledahan kamar hunian WBP dan pemeriksaan instalasi listrik dilakukan untuk menghindari terjadinya peredaran barang-barang terlarang dan memastikan tidak adanya penggunaan instalasi listrik.

"Penggeledahan dan pemeriksaan instalasi listrik ini dilakukan untuk menghindari terjadinya peredaran barang-barang terlarang dannmemastikan tidak adanya penggunaan instalasi listrik yang tidak sesuai dengan ketentuan," kata Nurdin.

Selain melakukan penggeledahan dan pemeriksaan instalasi listrik, petugas juga mengecek kondisi seluruh ruangan.

"Setelah menggeledah dan memeriksa instalasi, dilanjutkan dengan memeriksa seluruh ruangan. Apabila ada instalasi yang sudah tidak layak akan segera diperbaiki dan diganti," sebutnya.

Pihaknya juga mengimbau setiap petugas apabila meninggalkan ruangan agar memastikan seluruh peralatan yang terkoneksi dengan listrik dalam keadaan aman.

Menurutnya seluruh barang hasil penggeledahan dan pemeriksaan instalasi listrik akan diinventarisir dan diamankan di lemari penyimpanan barang-bukti untuk selanjutnya dimusnahkan.

"Barang hasil penggeledahan tersebut akan diinventarisir dan diamankan di lemari penyimpanan barang bukti dan selanjutnya untuk dilakukan pemusnahan," tukasnya.

(CAN/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi