Sekolah di Pematangsiantar Siap Hadapi Pembelajaran Tatap Muka

Sekolah di Pematangsiantar Siap Hadapi Pembelajaran Tatap Muka
Pelatihan Persiapan Sekolah menghadapi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas kepada 183 Kepala Sekolah SD dan SMP, dan 444 orang guru, di Kota Pematangsiantar 6 hingga 10 september 2021 (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Pematangsiantar - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia mendorong penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara terbatas pada satuan pendidikan yang berada di daerah dengan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, 2, dan 1.

Tentunya, hal tersebut harus dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kota Pematangsiantar, Rosmayana mengatakan, hal itu tentu tidak mudah, karena di masa pandemi Covid-19, PTM harus menjamin keamanan siswa dan guru.

Untuk mendukung persiapan sekolah dalam melaksanakan PTM terbatas pada masa transisi pandemi Covid-19, Disdik Kota Pematangsiantar melalui Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kota kerja sama Tanoto Foundation menyelenggarakan pembekalan guru dan kepala sekolah dalam pengetahuan dan keterampilan memfasilitasi persiapan PTM secara efektif.

“Pelatihan ini ditujukan kepada 183 orang Kepala Sekolah SD dan SMP, dan 444 orang guru, yang dipersiapkan untuk melaksanakan PTM terbatas, dengan mempersiapkan asesmen siswa, menyesuaikan pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa, dan fokus pemetaan kognitif pada siswa, serta pembuatan RPP berdiferensiasi,” kata Rosmayana, Senin (13/9).

Ketua K3S Kota Pematangsiantar, Sopar Aritonang menerangkan, setiap kepala sekolah harus mempersiapkan daftar periksa persiapan sekolah dalam mengahadapi PTM, serta rencana kebijakan dan program sesuai dengan kondisi sekolah.

“Diharapkan, semua sekolah mempersiapkan apa yang sudah disepakati dalam kegiatan ini, baik daftar periksa maupun rencana program nantinya. Acara yang dilaksanakan bertahap 6-7 dan 9-10 September 2021 difasilitasi oleh 2 orang fasilitator kepala sekolah, dan 8 orang fasilitator pembelajaran yang sebelumnya telah dilatih oleh Tanoto Foundation,” terang Sopar Aritoang.

Kebutuhan Sekolah

Kepala Sekolah SDN 122363 Siantar Utara, Rommel Simanjuntak, mengikuti pelatihan persiapan sekolah menghadapi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas secara daring (Analisadaily.com/Istimewa)
Koordinator Tanoto Foundation Sumatera Utara (Sumut), Yusri Nasution menyampaikan, penyebarluasan program persiapan sekolah menghadapi PTM merupakan kebutuhan sekolah pada saat ini.

Pihaknya menyambut baik inisiatif Dinas Pendidikan melalui K3S Kota pematangsiantar dalam penyebarluasan program persiapan sekolah menghadapi PTM di seluruh jenjang SD dan SMP di Kota Pematangsiantar.

“Kami juga telah mempersiapkan sumber belajar ePintar platform pelatihan guru dan kepala sekolah berbasis digital, yang akan kita luncurkan Selasa, 14 September 2021, yang bisa dimanfaatkan oleh guru di seluruh Indonesia,” tutur Yusri Nasution.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi