Masyarakat Sukarela Perbaiki Jalan Alternatif Menuju Danau Toba

Masyarakat Sukarela Perbaiki Jalan Alternatif Menuju Danau Toba
Masyarakat Nagori Buntu Turunan, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun, secara sukarela memperbaiki jalan alternatif menuju Danau Toba (Analisadaily/Franscius Simanjuntak)

Analisadaily.com, Hatonduhan - Jalan alternatif sepanjang 340 meter menuju Danau Toba di Nagori (Desa) Buntu Turunan, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun, diperbaiki masyarakat secara sukarela.

Pangulu Buntu Turunan, Roberton Nainggolan, mengatakan perbaikan jalan dilakukan atas inisiatif masyarakat dan perangkat Nagori Buntu Turunan.

"Mengingat jalan ini sudah sulit dilalui kendaraan, sehingga kami sepakat untuk memperbaikinya secara swadaya," kata Roberton Nainggolan, Selasa (28/9).

Roberton menyebut pihaknya sudah berulang kali mengusulkan perbaikan jalan kepada Pemkab Simalungun karena ini merupakan jalur alternatif menuju Danau Toba.

Menurutnya dari mulai tahap I sampai tahap V sudah terlaksana perbaikan jalan sepanjang 340 meter.

Sementara untuk anggaran dalam pelaksanaan membangun desa, termasuk perbaikan jalan masih didahulukan dana pribadi Pangulu Nagori Buntu Turunan sembari menunggu terkumpulnya dana yang sudah disepakati para donatur.

Mengenai jumlah pemasukan, pengeluaran serta nama-nama donatur akan ditulis di papan transparansi yang sudah dibuat di depan Kantor Nagori Buntu Turunan.

"Sampai sekarang, biaya kesepakatan membangun desa dari tahap I sampai tahap V mencapai Rp 200 juta," tukasnya.

(FHS/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi