PON XX/2021

Sumut Loloskan Delapan Pesanda ke Semifinal

Sumut Loloskan Delapan Pesanda ke Semifinal
Tim Wushu Sanda Sumut yang bertanding di PON XX/2021 (Analisadaily/istimewa)

Analisadaily.com, Merauke - Delapan pesanda Sumut akan bertarung di babak semifinal PON XX/2021, Jumat (1/10) sore WIT di GOR Dispora Merauke, Papua.

Sumut meloloskan total delapan pesanda ke semifinal, setelah pada pertandingan perempat final, Kamis (30/9) kemarin, tiga pesanda akni Jeka Asparido Saragih(Kelas 75 kg putra), Junita Malau (48 kg putri) dan Rosalina Simanjuntak (52 kg putri), sukses mengalahkan lawan-lawannya. Sebelumnya, Sumut sudah melolokan lima pesanda ke babak empat besar.

Jeka maju ke semifinal setelah menang mutlak 2-0 atas M Sofi’i (Kalsel). Sementara Junita Malau juga unggul 2-0 atas Nadya Nakhoir (Banten), sedangkan Rosalina Simanjuntak hanya butuh satu ronde untuk mengakhiri perlawanan Yuliana Prawar (Papua). Sayangnya, langkah ketiga pesanda ini gagal diikuti Elika Tarigan (kelas 56 kg putri) yang takluk menghadapi Diandra A Pieter (DKI Jakarta). Demikian juga Dessy Ratnawati Sagala. Meski sudah menggerahkan kemampuan terbaik, dan bertanding dengan kondisi cedera di bagian lutut, namun ia akhirnya harus mengakui keunggulan Moria Manalu (Papua).

Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis yang terus mensuport para atlet bertanding menyebutkan, lolosnya delapan pesanda ke semifinal sudah cukup baik. Dan ini berharap, para pesanda bisa bermain lebih baik lagi sehingga nanti lolos ke final dan menjadi juara. “Wushu adalah cabor andalan Sumut meraih medali emas. Karenanya tampilnya 8 pesanda ke semifinal merupakan modal sangat bagus,” kata John didampingi Wakil Ketua III Kisharyanto Pasaribu, Sekum Chairul Azmi serta pengurus KONI Sumut Doris Apriani dan Fahri Nasution.

Ketua Umum Pengprov WI Sumut Darsen Song juga mengapresiasi perjuangan seluruh patriot wushu Sumut. “Terimakasih dan salut atas perjuangan dan kerja keras seluruh atlet dan pelatih. Namun perjuangan belum selesai. Kita tidak mau hanya sampai semifinal,” kata Darsen.

Trio Pelatih Sanda Feng Yin Bao, Salwi Simbolon dan Nerry Agus Manullang ketika ditemui membenarkan, persaingan di PON XX/2021 sangat ketat. Namun pihaknya tetap optimis akan kans anak didiknya.

Adapun pesanda Sumut yang lolos ke semifinal

Putra:

Kelas 48 Kg Brando Mamana vs Fernando S (Riau)

Kelas 56 Kg Adi Rimanto Manurung vs Stefano Gilbert (Papua)

Kelas 60 kg Manauel Prima Siahaan vs Jumanta (DKI Jakarta)

Kelas 65 Kg Samuel Marbun vs Ahmad Adam Hisbulloh (Jateng)

Kelas 70 Kg Roberto Manik vs Rahmad Dwi Kurniawan (Aceh)

Kelas 75 Kg Jeka Asparido Saragih v Firand Andista (Sumsel)

Putri:

Kelas 48 Kg Junita Malau vs Efi Dian Sofiana (Jatim)

Kelas 52 Kg Rosalina Simanjutak vs Tharisa Dea florentina (Jateng)

(MP/JG)

Baca Juga

Rekomendasi