Harris-Niza Raih Emas, Sumut Rangking Enam

Harris-Niza Raih Emas, Sumut Rangking Enam
Ketua Umum KONI Sumut, John Ismadi Lubis diabadikan bersama Tim Taolu Wushu Sumut (Analisadaily/Monang Panggabean)

Analisadaily.com, Merauke - Penantian Kontingen Sumut meraih medali emas akhirnya berakhir. Medali yang sangat diidamkan tersebut diperoleh dari cabor wushu persembahan perwushu asal Kota Medan, Harris Horatius dan Juwita Niza Wazni, Jumat (1/10) di GOR Futsal Dispora Merauke, Papua.

Harris berhak atas medali emas setelah mengumpulkan total poin 19.15 dari nomor kombinasi, Nanquan dan Nan Gun Putra. Demikian pula halnya dengan Niza. Ia menjadi yang terbaik di nomor kombinasi Nanquan dan Nan Dao Putri setelah mengumpulkan total poin 19.37.

Selain meraih dua medali emas, Wushu Sumut juga mendapat tambahan satu medali perunggu persembahan Wilbet Sanjaya dari nomor kombinasi Jian Shu dan Qiang Shu total poin 19.24. Medali emas nomor ini didapat M Daffa (Jatim) 19.42 dan perak untuk Abdul Harist (DKI Jakarta) 19.35. Di nomor ini, satu pewushu Sumut lainnya, Charles Sutanto harus puas diurutan keempat, total nilai 19.22.

Medali persembahan Harris dan Niza mengawali perolehan medali emas Sumut di PON XX/Papua. Tambahan dua emas satu perunggu ini juga sekaligus mengangkat posisi kontingen yang dipimpin John Ismadi Lubis naik peringkat enam dengan torehan dua medali emas, dua perak dan tiga perunggu.

“Terimakasih untuk skuad Wushu Sumut yang sudah mengawali perolehan medali emas di PON XX/2021. Kami berharap, emas dari wushu terus berlanjut, karena masih ada pertandingan hingga Minggu (3/10). Apalagi di nomor sanda, Sumut menempatkan tujuh atletnya di final,” ujar John yang memang sengaja datang dari Jayapura ke Merauke memotivasi para atlet.

“Kami juga berharap, atlet Sumut dari cabor-cabor lain juga kian termotivasi untuk mempersembahkan medali emas,” tambah John diwakili Wakil Ketua III Kisharyanto Pasaribu dan Sekum Chairul Azmi Hutasuhut.

Ketua Umum Pengprov WI Sumut Darsen Song tak kuasa menahan haru dan gembira atas sukses anak didiknya. “Hari ini salah satu hari paling bahagia bagi saya, Harris dan Niza membuka kran perolehan medali emas Sumut,” kata Darsen.

Ia meminta para patriot olahraganya tetap fokus dan konsentrasi, karena cabor wushu masih ada satu hari pertandingan lagi, yakni Minggu (3/10) besok. “ Kans menambah medali masih sangat terbuka, baik di nomor taolu maupun sanda. Karena seluruh atlet harus tetap fokus,” ujarnya.

Tim Manajer Harianto Tan juga tak kuasa menahan rasa haru dan bahagianya. “Luar biasa, Terimakasih Tuhan. Semua ini didapat karena dukungan semua pihak dan juga restu dari Yang Maha Kuasa,” kata Harianto yang menerima ucapan banyak pihak.

Harianto yang bersama Sekum Pengprov WI Sumut terus mendampingi para atlet lebih lanjut menjelaskan, di wushu taolu Minggu besok, anak didik duet pelatih Sandri Liong dan Aldi Lukman masih akan turun di nomor dui lian putra dan putri. Sementara di wushu sanda asuhan trio pelatih Feng Yin Bao, Salwi Simbolon dan Nerry Agus Manullang, Sumut meloloskan tujuh atlet ke final. “Kami mohon doa dan dukungan semua pihak sehingga perolehan medali emas Sumut dari cabor wushu terus bertambah,” ujar Harianto Tan.

(MP/JG)

Baca Juga

Rekomendasi