Darno Bangga Atlet Wushu Medan Lanjutkan Dulang Emas PON

Darno Bangga Atlet Wushu Medan Lanjutkan Dulang Emas PON
Ketua Pengcab Wushu Indonesia (WI) Medan, Darno Hartono (Analisadaily/istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Ketua Pengcab Wushu Indonesia (WI) Medan, Darno Hartono merasa bangga dan bersyukur para atlet wushu Medan berhasil mempertahan tradisi medali emas bagi Kontingen Sumatera Utara di arena PON XX Papua, yang saat ini sedang berlangsung.

Pada pertandingan cabor wushu hari kedua di GOR Futsal Dispora Merauke, Papua, Jumat (01/10/2021), dua pewushu asal Kota Medan, Harris Horatius dan Juwita Niza Wazni berhasil merebut medali emas. Harris berhak atas medali emas setelah mengumpulkan total poin 19.15 dari nomor kombinasi, Nanquan dan Nan Gun Putra.

Sedangkan Juwita Niza Wasni menjadi yang terbaik di nomor kombinasi Nanquan dan Nan Dao Putri setelah mengumpulkan total poin 19.37. Selain meraih dua medali emas, atlet wushu Medan lainnya juga mendapat tambahan satu medali perunggu persembahan Wilbet Sanjaya dari nomor kombinasi Jian Shu dan Qiang Shu total poin 19.24.

Medali persembahan Harris dan Niza mengawali perolehan medali emas Sumut di PON XX/Papua. Tambahan dua emas satu perunggu ini juga sekaligus mengangkat posisi kontingen Sumut naik peringkat enam dengan torehan dua medali emas, dua perak dan tiga perunggu.

"Puji syukur, harapan dan doa kita, seluruh masyarakat wushu kota Medan, dan Sumatera Utara umumnya terkabul, Tradisi medali emas bagi kontingen Sumatera Utara berhasil kita peroleh. Mudah-mudahan hasil ini juga bisa memotivasi para atlet yang belum bertanding, untuk meraih hal yang sama,” ujar Ketua Pengcab Wushu Indonesia (WI) Medan, Darno Hartono dalam pers rilisnya, Sabtu (02/10/2021).

Darno meminta para atlet wushu Medan tetap fokus dan konsentrasi, karena cabor wushu masih ada dua hari pertandingan lagi, yakni Sabtu (02/10/2021) dan Minggu (03/10/2021). “Kans menambah medali masih sangat terbuka, baik di nomor taolu maupun sanda. Karena seluruh atlet harus tetap fokus,” ujarnya.

Ketua Umum KONI Medan, Eddy H Sibarani menyebut apreasiasi dan rasa bangga disampaikan kepada atlet-atlet wushu Kota Medan yang telah meraih prestasi terbaiknya di PON Papua. “Memang cabor wushu selalu menjadi andalan meraih medali emas di setiap gelaran PON. Sukses wushu hendaknya menular ke cabor lain yang akan bertanding. Semoga aliran medali emas terus mengalir ke Kontingen Sumut,” ungkapnya.

“Yang diraih hari ini tentu bukan medali emas pertama dan kedua. Akan banyak medali emas lain yang menyusul karena beberapa cabor andalan lain segera dipertandingkan, terutama dari cabor bela diri. Atlet Medan juga berpeluang di cabor biliar,” tambahnya.

(BBG/JG)

Baca Juga

Rekomendasi