Apresiasi Atlet Medan Peraih Medali di PON Papua, Bobby Gelontorkan Bonus

Apresiasi Atlet Medan Peraih Medali di PON Papua, Bobby Gelontorkan Bonus
Wali Kota Medan, Bobby Nasution, apresiasi atlet Medan peraih medali di PON Papua (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Wali Kota Medan, Bobby Nasution, menyerahkan bonus kepada para atlet dan pelatih asal Kota Medan peraih medali PON Papua di Taman Cadika Medan Johor, Minggu (23/10).

Diketahui, atlet Kota Medan menyumbang lebih dari 50 persen perolehan medali yang diraih Kontingen Sumatera Utara pada PON ke-20 tersebut. Total sebanyak 28 medali berhasil disumbangkan atlet Medan dari 55 medali yang dikumpulkan Sumut.

Rincian 28 medali tersebut adalah tiga emas, 10 perak dan 15 perunggu. Sedangkan sebanyak 28 medali tersebut diraih dari sembilan cabang olahraga.

Masing-masing peraih medali mendapatkan bonus dari dana hibah yang disalurkan via KONI Medan. Yakni Rp 50 juta untuk peraih medali emas, Rp 16 juta untuk peraih perak dan Rp 10 juta untuk pengoleksi medali perunggu.

Sedangkan para pelatih yang atletnya sukses rebut medali juga mendapatkan bonus masing-masing, Rp 20 juta untuk emas, Rp 10 juta untuk perak dan Rp 7 juta untuk perunggu. Total bonus untuk seluruh atlet dan pelatih berprestasi tersebut adalah Rp 710 juta. Seluruh bonus tersebut akan langsung dicairkan Senin (24/10).

“Ini prestasi yang membanggakan. Yel-yel kita juga tadi disebutkan Medan kota atlet. Ini harus bisa kita wujudkan. Apa saja yang harus Pemko Medan lakukan, kita akan diskusikan saat ini juga. Nanti saya minta masukan dari para atlet dan pelatih,” beber Bobby usai menyerahkan bonus secara simbolis.

Memang menarik, sebab acara pemberian bonus tersebut diinginkan Bobby pula sebagai ajang berdialog dengan para atlet dan pelatih. Bobby memberikan waktu kepada para atlet dan pelatih untuk menyampaikan segala uneg-uneg selama ini.

Pertama pelatih Wushu Sandri Liong yang menyampaikan masukan agar sistem pelatihan atlet di Medan mesti berkesinambungan. “Jadi jangan hanya ada even saja. Harus terus berlanjut hingga bisa hasilkan prestasi maksimal Pak Wali. Itu harapan kami,” kata Sandri.

Bobby setuju akan hal tersebut dan meminta kepada KONI Medan untuk mendesain sistem kepelatihan berkesinambungan. Lebih dari itu, Bobby juga telah memutuskan agar aset fasilitas olahraga di Medan dikelola oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) yang sebelumnya dikelola dinas Kebersihan dan Pertamanan.

“KONI Medan bantu buat desain kepelatihan yang berlanjut. Diskusikan juga dengan Dispora apa saja kebutuhan kita untuk fasilitas. Nah sejauh ini kami baru putuskan pemeliharaan fasilitas olahraga ke Dispora. Tujuannya agar kemungkinan bantuan dari kementerian itu bisa langsung masuk ke kita,” papar Menantu Presiden Jokowi itu.

Bobby juga mendengarkan keinginan atlet peraih medali perak bernama Deswinta yang juga anggota TNI. Deswinta selama ini ditugaskan di Jakarta. Namun karena atlet Medan ingin lebih fokus, maka Deswinta minta kepada Bobby agar bisa dipindah tugaskan ke Kota Medan.

“Saya tugas di Jakarta pak di TNI AD. Kalau bisa saya minta pindah ke Medan biar lebih fokus latihan,” kata Deswinta yang atlet karate tersebut.

Menjawab itu, Bobby berjanji akan berkomunikasi dengan Pangdam I/BB. “Kalau kak Deswinta banggakan Medan kan yang bangga juga Pangdam, kan kakak sebagai anggotanya. Nanti saja komunikasikan, mudah-mudahan bisa pindah ke Medan jadi lebih fokus berlatih,” kata Bobby yang lantas disambut meriah para atlet.

Beberapa atlet dan pelatih juga berharap kepada wali kota agar kelak mendapatkan jalur pekerjaan. Dan hal itu akan segera didiskusikan karena jadi harapan banyak pihak dari para atlet dan pelatih.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi