Covid-19 Turun, Sandiaga Tergetkan Akhir 2021 Wisatawan Mencapai 30 persen

Covid-19 Turun, Sandiaga Tergetkan Akhir 2021 Wisatawan Mencapai 30 persen
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, dalam kunjungan kerja ke Medan (Analisadaily/Jafar Wijaya)

Analisadaily.com, Medan - Pemerintah Indonesia akan membuka pintu gerbang pariwisata bagi wisatawan mancanegara (wisman) pada tahun 2022 mendatang. Hal itu terlihat dengan kondisi pandemi Covid-19 yang mampu dikendalikan dan angka kasus aktif terus menurun.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, sudah menyiapkan langkah-langkah untuk mengaktifkan kembali dunia pariwisata tanah air.

"Salah satunya, sarana dan prasarana protokol kesehatan di setiap objek wisata," kata Sandiaga saat kunjungan kerja ke Kota Medan, Senin (8/11).

Di tahun 2022, kata Sandiaga, pihaknya ingin membuka secara normal pariwisata di Indonesia bagi wisatawan domestik sehingga orang Indonesia cukup berliburan di tanah ini.

"Untuk di tahun depan, angka kunjungan wisatawan nusantara pulih," ucapnya.

Sandiaga mengungkapkan baru-baru ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga sudah menggelar rapat kerja dengan DPR RI dengan pembahasan target wisman tahun 2022.

"Wisatawan mancanegara mulai terbuka, Sesuai dengan kita sepakati dengan DPR RI, Bapenas 1,5 juta sampai 2 juta kunjungan wisatawan mancanegara," ungkapnya.

Sedangkan aktivitas wisatawan di Indonesia, Sandiaga mengatakan pihaknya melakukan pemantauan secara peningkatan, bertingkat, bertahap dan berkelanjutan. Hingga akhir tahun 2021 ia menargetkan kunjungan wisatawan mencapai 20 persen hingga 30 persen.

"Capai optimis itu, akan digelarnya Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 di Bali pada 1 Desember 2021. Ditambah lagi, ada beberapa event internasional juga akan digelar di Indonesia," jelasnya.

"Apa lagi, ada G-20 dan berapa event internasional, kita lakukan. Kita membidik, peningkatan 20 persen hingga 30 persen (sampai akhir tahun 2021)," tandas Sandiaga.

(JW/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi