WHO Segera Menetapkan Pedoman Tentang Pil Antivirus Covid-19

WHO Segera Menetapkan Pedoman Tentang Pil Antivirus Covid-19
Sebuah logo digambarkan di luar gedung Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) selama pertemuan dewan eksekutif tentang pembaruan penyakit Coronavirus, di Jenewa, Swiss, 6 April 2021. (Reuters/Denis Balibouse /File Foto)

Analisadaily.com, Jenewa - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berharap untuk segera mengadakan pertemuan menetapkan pedoman tentang penggunaan pil antivirus Covid-19.

Inggris menjadi negara pertama yang menyetujui salah satu pil yang berpotensi mengubah permainan awal bulan ini.

Pejabat tinggi WHO untuk tanggapan perawatan klinis, Janet Diaz mengatakan, pertemuan kelompok pengembangan pedomannya akan mempertimbangkan pertanyaan tentang pil Covid-19 dalam pertemuan yang akan datang dalam tiga minggu.

Pejabat WHO lainnya, Mike Ryan mengatakan, temuan awal pada pil itu sangat, sangat disambut menambahkan, proses hati-hati tidak diperlukan sebelum terapi harus diperluas lebih luas.

"Jelas, memiliki pendekatan lini kedua untuk dapat mengobati mereka yang terinfeksi adalah sangat menarik dan mampu menyelamatkan nyawa dengan cara itu sangat menarik," kata Ryan dilansir dari Channel News Asia, Sabtu (13/11).

Pekan lalu Pfizer mengatakan pil antivirus eksperimentalnya untuk mengobati Covid-19 memangkas 89 persen kemungkinan rawat inap atau kematian bagi orang dewasa yang berisiko penyakit parah.

Pada pengarahan yang sama, pejabat hukum utama WHO, Steven Solomon mengutarakan, pembicaraan tentang perjanjian internasional untuk meningkatkan kesiapsiagaan pandemi sedang berlangsung menjelang pertemuan besar badan tersebut akhir bulan ini.

"Ada alasan bagus untuk percaya bahwa mereka (anggota WHO) akan sampai pada kesimpulan yang sukses," kata dia.

"Diskusi juga berlanjut pada daftar penggunaan darurat potensial untuk vaksin Sputnik V Covid-19 Rusia. Prosesnya bergerak lagi yang merupakan kabar baik," kata Mariangela Simao dari WHO, menambahkan inspeksi lebih lanjut diperlukan.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi