Ini 7 Tips Bisnis Online yang Harus Kamu Ketahui

Ini 7 Tips Bisnis Online yang Harus Kamu Ketahui
Foto ilustrasi (Pixabay)

Analisadaily.com, Jakarta - Bagi kamu sekalian yang ingin mencoba untuk berbisnis secara daring tetapi takut bisnisnya gagal, pelajarilah artikel ini tentang tips bisnis online supaya kamu tidak lagi takut gagal berbisnis.

Macam-Macam Tips untuk Bisnis Online

Pada masa kini dimana semua urusan bisnis dapat dilakukan secara online atau lewat internet, ada beragam cara untuk memulai bisnis secara online yang nantinya bisa memberikan keuntungan yang fantastis. Meskipun kamu seorang pebisnis pemula, bukan berarti kamu tak bisa mencoba berbisnis!

Salah satu kemudahan yang ditawarkan bisnis online ialah konsumen tidak perlu repot keluar rumah demi berbelanja di toko ritel, yang mungkin bisa menghabiskan waktu berjam-jam. Cukup saja dengan bantuan gadget seperti smartphone atau laptop, kamu sudah bisa berbelanja apa saja yang kamu mau.

Pada artikel ini, kamu akan mempelajari sekurang-kurangnya 7 tips berbisnis online yang patut dicoba oleh pengusaha pemula.

1. Lakukan Riset Pasar

Sebelum kamu bisa menjual barang / jasa lewat toko online, mulailah dengan meneliti keadaan di pasar, maksudnya adalah kamu mempelajari komoditas apa yang sedang dicari oleh para konsumen di masyarakat sekitar. Salah satu caranya yakni mencari tahu di media sosial layanan apa yang saat itu lagi dibutuhkan oleh netizen.

2. Marketing / Pemasaran yang Menarik

Selanjutnya kamu harus bisa mempromosikan produk atau layanan kamu melalui gambar dan / atau tulisan yang menarik perhatian para konsumen, serta mengapa para konsumen perlu membeli produk kamu. Kamu bisa menggunakan jasa digital writing agency untuk membuat iklan dan promosi yang bernuansa unik dan berkesan.

3. Bandingkan Harga Produk

Apa yang kamu jual bagi konsumen kamu harus memiliki patokan harga supaya bisnis kamu dapat bersaing dengan bisnis-bisnis lain yang sudah ada. Cobalah untuk membandingkan harga produk kamu dengan produk-produk lain yang sejenis, dan usahakan agar produk kamu bisa dijual dengan harga murah namun tanpa merugikan bisnismu.

4. Promosi Melalui Media Sosial

Selain menggunakan akun media sosial untuk berkomunikasi, kamu juga dapat memakai media sosial untuk berbisnis, dan di beberapa situs jual beli online kamu bisa mempunyai lebih dari satu akun untuk berbisnis agar produk kamu lebih dikenal oleh banyak orang.

5. Gunakan Keyword dalam Pemasaran

Menggunakan kata kunci atau keyword ditambah nama produk atau layanan yang gampang dikenal saat kamu memasarkan produk di internet akan memudahkan para calon pembeli untuk menemukan bisnis kamu.

6. Marketing yang Konsisten

Begitu kamu siap untuk menjual dan memasarkan produk kamu, berikutnya kamu perlu membagikan / share foto-foto produk kamu, supaya para calon pembeli tertarik pada produk kamu. Tapi ingat, foto produk yang kamu bagikan dan produk yang sebenarnya harus sama, karena jika tidak sama maka calon konsumen akan curiga dan batal membeli.

7. Berbisnis dengan Bantuan Teman dan Kerabat

Kalau kamu sanggup berbisnis secara mandiri, itu bagus, namun akan lebih bagus lagi apabila kamu berbisnis bersama teman dan saudara-saudara. Ajaklah orang-orang yang kamu kenal seperti teman dekat atau sepupu untuk mempromosikan produk bisnis yang kamu jual. Dengan begitu, kamu tidak usah mengeluarkan biaya ekstra untuk memasarkan produk ke pasaran yang lebih luas.

Sekarang kamu tahu kan tips-tips membuka bisnis online yang patut dicoba oleh generasi milenial? Semoga dengan membaca artikel ini, kamu mendapat inspirasi dalam mencoba berbisnis secara daring. Terima kasih atas perhatiannya!

(REL/JG)

Baca Juga

Rekomendasi