6 Faktor Penyebab Bau Mulut, Sering Tidak Disadari

6 Faktor Penyebab Bau Mulut, Sering Tidak Disadari
Ilustrasi (Pixabay)

Bau mulut seringkali menjadi masalah yang mengganggu dan membuat kita menjadi tidak percaya diri untuk berbicara dengan orang-orang. Terlepas dari dampak yang ditimbulkan, perlu Anda ketahui, faktor penyebab bau mulut ini cukup beragam. Di mana bau mulut tidak sedap juga berhubungan dengan kesehatan pada area mulut. Sehingga, sangat wajar jika Anda perlu memberikan perhatian lebih pada masalah ini.

Nah, untuk lebih detailnya, berikut beberapa faktor pemicu yang membuat mulut beraroma tak sedap.

Penyebab Bau Mulut

Ada beberapa faktor penyebab bau mulut yang sering terjadi, antara lain:

1. Mulut Kering

Salah satu penyebab masalah bau mulut yang terjadi adalah mulut kering. Pada bagian dalam mulut, ada yang namanya air liur atau saliva, inilah yang menjaga agar kondisi mulut tetap segar dan bersih.

Akibatnya, jika Anda kekurangan air liur pada mulut maka bisa membuat bau mulut. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh faktor pengobatan tertentu atau perokok aktif.

2. Kesehatan Mulut dan Gigi Terganggu

Penyebab paling umum lainnya yaitu karena bakteri. Menumpuknya bakteri di mulut bisa disebabkan karena terganggunya kesehatan mulut dan gigi karena tidak dijaga, seperti jarang menyikat gigi atau lainnya.

Bukan hanya menyebabkan bau yang tidak sedap, tetapi bakteri jahat pada mulut juga bisa menimbulkan penyakit radang gusi, gigi berlubang dan juga plak.

3. Sinusitis

Mungkin banyak orang yang belum tahu bahwa salah satu penyebab bau tidak sedap pada mulut adalah karena gangguan sinusitis. Hal ini mengingat sinusitis memproduksi lendir kental yang berbau dan mengaliri rongga sinus menuju tenggorokan.

Bahkan parahnya, ketika terserang sinusitis, indera penciuman penderita juga ikut terganggu, sehingga tidak dapat mendeteksi masalah bau mulut.

Sebenarnya sinusitis ini merupakan bentuk peradangan yang terdapat dalam dinding sinus. Salah satu faktor penyebabnya yaitu virus flu akibat infeksi. Juga karena faktor lainnya seperti infeksi gigi, bakteri jamur maupun aktivitas merokok aktif.

4. Gangguan Saluran Cerna

Faktor penyebab lainnya yaitu gangguan pada saluran cerna. Masalah pencernaan paling sering terjadi, antara lain GERD dan maag.

Ketika asam lambung meningkat, maka lingkaran otot pada bagian bawah esofagus sudah tidak lagi berfungsi secara maksimal. Karenanya, hal tersebut bisa memicu keluarnya asam lambung hingga naik lagi ke esofagus, hingga ke mulut. Naiknya asam sampai ke bagian mulut inilah yang mengakibatkan terjadinya bau tidak sedap.

5. Gangguan Organ Hati

Kerusakan pada organ hati bisa memberikan dampak pada tubuh karena ketidakmampuannya menyaring racun. Hal ini juga biasanya terjadi kepada para penderita gangguan ginjal. Pengendapan racun ini dapat menghasilkan bakteri yang menyebabkan bau tidak sedap pada mulut.

Solusi paling mudah dilakukan yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat dan air putih.

6. Amandel

Biasanya, masalah amandel bisa terjadi akibat infeksi bakteri di tenggorokan, alhasil bisa menimbulkan pembengkakan dan rasa sakit. Apabila sisa dari makanan tersangkut ke dalam pembengkakan amandel, maka bisa mengeras dan menjadi sebuah endapan kalsium dalam bentuk batu amandel. Batu amandel inilah penyebab terjadinya bau mulut.

Dengan memahami 6 penyebab bau mulut di atas, Anda bisa menghindari faktor-faktor penyebabnya secara maksimal. Baik dengan menjaga kesehatan tubuh maupun dengan meningkatkan kebersihan mulut. Caranya yaitu dengan rutin sikat gigi menggunakan Close Up minimal 2 kali sehari.

Selain itu, lakukan pemeriksaan mulut ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Semoga membantu!

(Adv)

Baca Juga

Rekomendasi