46 Dokter Spesialis Penyakit Dalam Lulusan FK USU Dilantik

46 Dokter Spesialis Penyakit Dalam Lulusan FK USU Dilantik
46 Dokter Spesialis Penyakit Dalam Lulusan FK USU Dilantik. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Sebanyak 46 dokter spesialis penyakit dalam lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (USU) resmi dilantik dalam acara yang digelar secara hybrid di Tiara Convention Centre, Minggu (21/11). Acara yang dihadiri Rektor USU Dr Muryanto Amin, SSos, MSi tersebut turut dirangkai dengan perkenalan 25 mahasiswa Program Pendidikan Spesialis (PPDS) Baru Penyakit Dalam FK USU.

Rektor USU Dr Muryanto Amin mengucapkan selamat kepada para dokter spesialis lulusan USU yang baru saja dilantik dan selamat datang kepada mahasiswa dokter spesialis penyakit dalam FK USU.

Ia mengatakan, dokter spesialis yang dilantik memiliki tanggung jawab meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan tetap mengedepankan kolaborasi antar institusi dan elemen masyarakat dalam tataran praktik dan sosialisasinya.

“Sementara untuk PPDS yang telah lulus, pesan saya, belajarlah dengan baik, serius dan kreatif, sehingga mampu menghasilkan inovasi-inovasi unggul di ranah medis, yang tidak saja akan bermanfaat bagi masyarakat umum, namun juga bermanfaat secara pribadi bagi kehidupan saudara sendiri,” ujarnya.

Ketua Departemen Ilmu Penyakit Dalam FK USU dr. Dina Aprillia Ariestine Mked(PD) SpPD KGer mengingatkan bahwa seorang dokter juga memiliki kewajiban untuk senantiasa memperbarui keilmuan yang telah dimiliki sesuai dengan “perkembangan ilmu kedokteran saat ini yang sangat pesat.

"Semoga melalui amanah sebagai dokter spesialis penyakit dalam ini juga mendapatkan lebih banyak kesempatan terus mengasah kemampuan dan pengetahuan dokter spesialis penyakit dalam. Perjalanan panjang melalui proses pendidikan yang tidak mudah mulai dari pendidikan jalur akademik maupun profesi serta telah mendapatkan pengalaman di rumah sakit pendidikan baik di Rumah Sakit Umum pusat H Adam Malik maupun di rumah sakit Universitas Sumatera Utara. Semoga teman sejawat juga senantiasa memberikan pelayanan dengan mengutamakan kepentingan serta keselamatan pasien," ujarnya.

Ketua Program Studi Ilmu Penyakit Dalam FK USU Dr. dr. Taufik Sungkar, SpPD KGEH berpesan kepada peserta didik yang baru masuk, sebaiknya bisa mengambil contoh yang baik dari senior yang sudah dilantik hari ini.

Rektor USU Dr Muryanto Amin, SSos, MSi saat memberikan kata sambutan.
"Kepada para dokter spesialis penyakit dalam yang baru, kami harapkan Anda bekerja untuk selalu menjaga baik almamater keutamaan ilmu penyakit dalam Fakultas Kedokteran USU," katanya.

Sementara Ketua Panitia Acara dr Ahmad Fauzi Lubis mengatakan kegiatan pelantikan dan perkenalan dilaksanakan secara dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring). Pada saat kegiatan luring, panitia memastikan bahwa semua peserta dan tamu undangan mematuhi protokol kesehatan yang ketat sehingga acara berlangsung aman dan lancar.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut di antaranya Dekan FK USU, diwakili Wakil Dekan 1 Dr. dr. Delyuzar MKed(PA) SpPA (K), Ketua PAPDI (Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia) cabang Sumatera Utara dr. Mardianto SpPD KEMD dan Direktur RSUP Haji Adam Malik dr. Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K).

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi