Turnamen Catur Jafaruddin Harahap Cup IV, Pecatur Siantar Tira Sidauruk Juara

Turnamen Catur Jafaruddin Harahap Cup IV, Pecatur Siantar Tira Sidauruk Juara
Jafaruddin Harahap menyerahkan piala kepada juara turnamen catur Jafaruddin Harahap Cup IV, Selasa (30/11). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Turnamen Catur Jafaruddin Harahap IV yang digelar sehari penuh di Hotel Inna Dharma Deli Medan, Selasa (30/11) diikuti 150 pecatur non master. Lima peserta di antaranya merupakan pecatur wanita. Dalam kegiatan ini, pecatur Siantar Tira Sidauruk menjadi juara.

Selain jumlah peserta yang cukup banyak, kegiatan yang digelar secara berkesinambungan oleh anggota DPRD Sumatera Utara Jafaruddin Harahap ini berhadiah total Rp8 juta, diberikan mulai dari juara I hingga nomor urut 25.

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini juga memberikan hadiah berupa uang tunai secara pribadi kepada 3 pecatur perempuan dengan nilai terbaik.

"Tujuannya untuk lebih memotivasi, karena kita sangat mengapresiasi semakin bermunculan pecatur wanita yang nantinya bisa dibina menjadi andalan Sumut. Di turnamen ini ada lima peserta yang ke semuanya masih muda," kata Jafar.

Ia juga mengapresiasi semangat dan antusiasme peserta yang ikut pada setiap turnamen catur tersebut, mulai dari Jafaruddin Harahap I hingga IV. "Inipun sampai dibatasi hanya 150 peserta saja, sebab masih dalam suasana pandemi dan harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat," ucap anggota Komisi E DPRD Sumut ini.

Ia juga melihat banyak wajah-wajah dan potensi baru pecatur Sumut, dan melalui turnamen-turnamen yang rutin digelar diyakini akan mampu membawa semangat dan prestasi bagi daerah ini.

Turnamen yang digelar kali ini selain diikuti pecatur asal Sumut juga diisi peserta dari luar provinsi yakni Aceh dan Riau. "Insya Allah kita akan gelar lagi turnamen terbuka selanjutnya, kemungkinan dijadwalkan habis Lebaran," katanya.

Acara pembukaan, pagi harinya turut dihadiri Walikota Pematang Siantar Hefriansyah Noor, sekaligus memantau peserta mewakili dari daerahnya. Turnamen Jafaruddin Harahap IV, kali ini dijuarai oleh pecatur asal Pematang Siantar, Tira Sidauruk dengan nilai 40.
Disusul Anwar S dan Julius Pratama Panjaitan.

(AMAL/BR)

Baca Juga

Rekomendasi