PBB Tunjuk Ajudan Joe Biden Sebagai Direktur UNICEF

PBB Tunjuk Ajudan Joe Biden Sebagai Direktur UNICEF
Kantor UNICEF di Jenewa. (Reuters/Denis Balibouse)

Analisadaily.com, New York - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengumumkan penunjukan Catherine Russell, ajudan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, sebagai direktur eksekutif Dana Anak-anak (UNICEF).

Russell, saat ini direktur Kantor Personalia Kepresidenan Gedung Putih dan asisten presiden, akan menandai orang Amerika kedelapan yang mengepalai UNICEF. Sejak didirikan pada tahun 1946, semua direktur eksekutif lembaga tersebut adalah orang Amerika.

"Nona Russell berperan dalam pengalaman puluhan tahun dalam mengembangkan kebijakan inovatif yang memberdayakan masyarakat yang kurang terlayani di seluruh dunia," kata juru bicara PBB Stephane Dujarric dilansir dari Reuters dan Channel News Asia, Sabtu (11/12).

Russell sebelumnya menjabat sebagai duta besar untuk masalah perempuan global di Departemen Luar Negeri AS di bawah pemerintahan mantan Presiden Barack Obama.

Seorang juru bicara PBB pada bulan Juli mengatakan Direktur Eksekutif UNICEF yang akan keluar, Henrietta Fore, berencana untuk mundur untuk menangani masalah kesehatan keluarga.

Fore, mantan kepala Badan Pembangunan Internasional AS (USAID), ditunjuk untuk menjalankan UNICEF oleh Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres pada 2018.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi